Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan E-Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Peserta Didik Kelas VIII SMP Ma'arif 01 Seputih Raman T.A 2021/2022

Hertanti, . (2021) Pengembangan E-Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Peserta Didik Kelas VIII SMP Ma'arif 01 Seputih Raman T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI HERTANTI -1801041020 - Tadris Matematika.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Pengembangan ini dilakukan karena respon peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD serta LKPD yang digunakan kurang menarik akibatnya membuat peserta didik bosan dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengembangkan e-modul matematika dengan pendekatan kontekstual berbasis nilai-nilai keislaman pada peserta didik SMP Ma'arif kelas VIII; (2) Mengetahui kelayakan e-modul matematika dengan pendekatan kontekstual berbasis nilai-nilai keislaman pada peserta didik SMP Ma'arif kelas VIII; (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul matematika dengan pendekatan kontekstual berbasis nilai-nilai keislaman pada peserta didik SMP Ma'arif kelas VIII.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Lokasi penelitian di SMP Ma'arif 01 Seputih Raman. Subyek dalam penelitian ini adalah 10 peserta didik kelas VIII A di SMP Ma'arif 01 Seputih Raman. Materi yang dikembangkan adalah materi persamaan garis lurus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, lembar validasi ahli dan lembar angket respon peserta didik.

Hasil dari penelitian ini yaitu untuk ahli materi, ahli agama, ahli media dan ahli IT memperoleh kriteria “Valid” dengan nilai rata-rata ahli materi sebesar 3,75, ahli agama sebesar 3,75, ahli media sebesar 3,83 dan ahli IT sebesar 3,75 Kemudian respon peserta didik sangat antusias terhadap e-modul pembelajaran pada saat uji coba kelompok kecil sehingga memperoleh kriteria “Sangat Menarik” dengan nilai rata-rata sebesar 3,81. Maka, dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika dengan pendekatan kontekstual berbasis nilai-nilai keislaman yang dikembangkan sudah layak dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Kata Kunci : E-modul Matematika, Nilai-nilai Keislaman, Pendekatan kontekstual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Feb 2022 00:27
Last Modified: 28 Feb 2022 00:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5124

Actions (login required)

View Item View Item