Komariyah, Siti (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Toba Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI SITI KOMARIYAH -1701050084 - PGMI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan. Salah satu komponen pembelajaran yang penting adalah penggunaan metode yang tepat. Karena metode yang tepat akan memberikan pemahaman yang menyeluruh kepada siswa terutama metode yang berbasis jigsaw.Hubungan makna di atas dengan pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu sebagai pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Dalam arti sempit pendidikan adalah pengajaran yang diselenggarakan umumnya disekolah sebagai lembaga pendidikan formal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SD Negeri 2 Toba Kecamatan Sekampung udik Kabupaten lampung Timur? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Toba Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis peelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Tes dan Dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan memenuhi KKM. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari setiap siklus, pada siklus I diketahui sebesar 60,00%, dan pada siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 80,00%. Jadi tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 20,00%. Dalam proses pembelajaran peneliti menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran, terbukti dengan menggunakan metode jigsaw telah meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri Toba Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur, sebagai hasilnya siswa mampu menerima materi yang di sampaikan dan mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Hal ini adanya perubahan hasil belajar khususnya mata pelajaran Aqidah Akhlak.
Kata Kunci: Metode Jigsaw, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 06:30 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:30 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5134 |
Actions (login required)
View Item |