Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Keagamaan Peserta Didik Di SD Negeri 1 Bandar Agung Lampung Tengah

Wiranti, Aisyah Kusuma (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Keagamaan Peserta Didik Di SD Negeri 1 Bandar Agung Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AISYAH KUSUMA WIRANTI - 1701010004 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Dalam mengembangkan keagamaan peserta didik terutama pada bidang ketaatan dan sikap keagamaan, hal yang guru ajarkan dan contohkan dapat dipahami dan membekas dalam diri peserta didik, tetapi pada kenyataannya dalam pengamalan banyak peserta didik yang belum melaksanakan. Oleh sebab itu penulis melakukan penelitian dengan judul peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan keagamaan peserta didik di SD Negeri 1 Bandar Agung Lampung Tengah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru PAI dalam mengembangkan keagamaan peserta didik, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami dalam mengembangkan keagamaan peserta didik di SDN 1 Bandar Agung Lampung Tengah.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber datanya yaitu guru PAI dan peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Peran guru PAI dalam mengembangkan keagamaan peserta didik sudah menerapkan perannya dengan baik, seperti peran sebagai transformator, perencana, pembimbing, penilai, sumber ilmu pengetahuan, pembina, motivator, dan fasilitator, dalam mengajarkan tentang menghormati guru (saat bertemu menyapa, memberi salam, dan mencium tangan), menghormati orangtua (melaksanakan apa yang diperintahkan selagi dalam kebaikan) menghormati orang yang lebih tua (saat bertemu bersikap sopan), senantiasa berbuat baik kepada siapa saja, jujur, apa yang dilakukan niatkan ibadah,ikhlas, selalu menolong sesama, mengajarkan yang halal dan haram, menghindari penyakit hati seperti pendendam, selalu fastabiqul khairat. Faktor pendukung dalam mengembangkan keagamaan peserta didik ialah kesadaran dari diri sendiri peserta didik, keteladanan, pengajaran, dan contoh yang diajarkan oleh guru ataupun orangtua seperti ajakan untuk melaksanakan salat 5 waktu, mencontohkan kebaikan, serta pengaruh positif tentang keagamaan dari lingkungan masyarakat seperti menerapkan salat berjama’ah bagi laki-laki di masjid, serta mengadakan kegiatan sosial untuk membantu warga yang tekena musibah.Faktor penghambatnya ialah rasa malas dari diri sendiri, pemahaman orangtua yang kurang tentang agama, kurangnya pengulangan materi yang dilakukan guru, dan ketika masyarakat memiliki pengaruh kurang baik seperti masih mempercayai mitos.

Kata Kunci: keagamaan peserta didik, peran guru PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:52
Last Modified: 14 Feb 2022 01:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5135

Actions (login required)

View Item View Item