Martianingsih, Merly (2021) Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Layanan Pengurusan Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada BPRS Metro Madani KC. Unit II, Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MERLY MARTIANINGSIH -1704100223 - S1 PBS.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan salah satu produk yang ada di BPRS Metro Madani Kc. Unit II, Tulang Bawang yaitu Produk Pembiayaan Layanan Pengurusan Haji yang menggunakan akad Ijarah Multijasa. Dengan uang muka yang ringan nasabah sudah bisa mendapatkan porsi haji, selain itu banyak nasabah tertarik untuk melakukan pembiayaan di BPRS Metro Madani Kc. Unit II, Tulang Bawang karena pelayanan di BPRS sangat ramah, sabar, dan mudah. Dengan adanya produk ini masyarakat dapat terbantu untuk mewujudkan keinginan nya melaksanakan ibadah haji.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Layanan Pengurusan Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada BPRS Metro Madani Kc. Unit II, Tulang Bawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Risearch). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian dengan mengumpulkan data dari suatu peristiwa dan kejadian yang terjadi saat ini. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara dengan Pimpinan Cabang, karyawan Marketing dan Nasabah Pembiayaan Layanan Pengurusan Haji di BPRS Metro Madani Kc. Unit II, Tulang Bawang.
Dari hasil penelitian Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Layanan Pengurusan Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada BPRS Metro Madani Kc. Unit II, Tulang Bawang yaitu menerapkan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari 5P yaitu Produk (product), Harga (price), Lokasi (place), Promosi (promotion) dan Orang (people). Nasabah Pembiayaan Layanan Pengurusan Haji di tahun 2018 yaitu 68 nasabah. Pada tahun 2019 jumlah nasabah pembiayaan haji mengalami peningkatan yaitu menjadi 86 nasabah. Kemudian pada tahun 2020 jumlah nasabah pembiayaan haji mengalami penurunan menjadi 55 nasabah, penurunan ini terjadi akibat dari pandemi Covid-19 di pertengahan bulan maret 2020, sehingga banyak calon jama’ah haji ditunda keberangkatannya dan banyak calon-calon nasabah yang ingin mendaftarkan diri menjadi menunda untuk mendaftar haji. Strategi yang berpengaruh terhadap perkembangan produk yaitu pada harga (Price), promosi (Promotion) dan orang (People).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 01:52 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 01:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5136 |
Actions (login required)
View Item |