Listiana, Dwi (2021) Peran Guru Kelas Terhadap Pendidikan Karakter Siswa SDN 02 Trimulyo Mataram Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DWI LISTIANA.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Pendidikan karakter memang mempunyai sarana yang cukup luas, mulai dari lingkungan, keluarga, sekolah dan masyarakat. Tidak dapat dipungkiri bahwa klaim masyarakat sudah menyerahkan tanggung jawab kepada pendidikan formal yaitu sekolah dalam membentuk karakter anak-anaknya. Dengan demikian pendidik mulai membenahi sistem pendidikan dan kurikulum serta melaksanakan berbagai solusi, salah satunya dengan mengitegrasikan pendidikan karakter dalam kurikulim. Rambu-rambu yang dapat membantu mengembangkan silabus pendidikan karakter disekolah sekurang-kurangnya teori kurikulum dan teori pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas dalam pembentukan karakter pada siswa, serta faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami oleh guru kelas dalam pembentukan karakter pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 02Trimulyo Mataram Lampung Tengah. Metode pengumpulan datanya menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data dianalisis kemudian data dianalisis triangulasi dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Berdasarkan penelitian kualitatif danpembahasan yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan peran guru dalam pendidikan karakter anak di SDN 02 Trimulyo Mataram Lampung sangat berpngaruh untuk peserta didik kedepanya. Peran guru dalam pendidikan karakter peserta didik dilakukan dengan cara hal-hal yang paling kecil, yakni guru harus memberikan contoh sikap disiplin dan bertanggung jawab dalam lingkungan sekolah. Peran guru dalam pendidikan karakter anak ini mengalami penghambat yakni kurangnya perhatian orang tua yang bekerja dan lingkungan tempat bermain yang bepengaruh bagi perkembangan karakter anak. Kemudian pendukungnya yakni, siswa terbiasa diajarkan disiplin di sekolah dan bertanggung jawab atas perintah yang diberikan untuknya. Selalu mengikuti kegiatan sholat berjama’ah waktu pagi yakni sholat Dhuha dan sebelum pulang sekolah yakni Sholat Dhuhur berjama’ah.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Peran Guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 01:32 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 01:32 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5140 |
Actions (login required)
View Item |