Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Standar Input di MTS Muhammadiyah Purbolinggo Lampung Timur

Suwarsih, Larasati Endang (2021) Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Standar Input di MTS Muhammadiyah Purbolinggo Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS LARASATI ENDANG SWARSIH.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Rekrutmen peserta didik disebuah sekolah pada hakikatnya adalah proses pencarian, menentukan dan menarik pelamar yang mampu untuk dijadikan peserta didik dilembaga pendidikan yang bersangkutan. Dalam rekrutmen siswa baru setiap sekolah memiliki standar input sendiri dalam menentukan kriteria siswa yang dapat diterima dalam sekolah, standar input juga mempengaruhi kualitas proses pembelajaran dan output pada setiap sekolah. Banyak hal yang perlu dilakukan oleh kepala sekolah dalam memanagemen sekolah yang dipimpinnya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di suatu tempat yang dipilih sebagai lokasi dan objek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah interview, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam meningkatkan kualitas standar input, strategi yang dilakukan kepala sekolah ialah dengan meningkatkan sumberdaya manusui di madrasah kemudian membentuk panitia dengan dan mengadakan rapat terkait pengadaan rekrutmen peserta didik baru, dengana menentukan persyaratan dan menentukan kriteria dan standar yang harus dimiliki para calon peserta didik. Selanjutnya Dalam pelaksanaan strategi dalam meningkatkan standar input juga ada faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat, Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi ialah dalam penerapan dan pelaksanaan stragi dalam meningkatkan kualitas standar input bahwa dukungaan dari semua pihak dan kerjasama panitia penerimaan peserta didik baru yang solid menjadi hal penting serta prasarana yang memadai dalam lembaga pendidikan juga menambah daya dukung dalam peningkatanya. Faktor yang menghambat dalam pelaksanaan strategi dalam meningkatkan kualitas standar input yaitu kurangnya sumberdaya manusia, dan persaingan antar sekolah dalam pengadaan input peserta didik baru menjadi kendala dalam menerapkan dan meningkatkan standar input dalam setiap sekolah terutama sekolah suasta, selain itu kurangnya pemahaman ada pada pentingnya belajar di sekolah yang berbasis madrasah dimana pendidikan di madrasah terdapat banyak muatan atau materi pendidikan keagamaan untuk pesertadidik yang dalat digunakan sebagai pedoman dan pengetahuannya dimasa mendatang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2022 01:56
Last Modified: 13 Jan 2022 01:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5142

Actions (login required)

View Item View Item