Jannah, Annisa Miftahul (2021) Studi Komparatif Potensi Akademik Mahasiswa Yang Aktif Dan Tidak Aktif Berorganisasi Jurusan PAI IAIN Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ANNISA MIFTAHUL JANNAH - 1701010199 - PAI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Studi komparatif adalah penelitian yang dapat menemukan persamaan atau perbedaan pada variabel yang diteliti dan juga dapat membandingkan suatu pandangan. Potensi akademik yang dimaksud dalam penelitian ini adalah tingkat kemampuan mahasiswa dalam bidang akademik umum yang direpresentasikan dalam bentuk skor yang di peroleh dari tes potensi akademik dengan indikator indikator potensi akademik antara lain : kemampuan verbal (bahasa), persamaan kata (sinonim), lawan kata (antonim), padanan kata (similirati) dan hubungan kata (analogi), kemampuan kuantitatif meliputi pemikiran numerik, konsep aljabar dan logika matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan potensi akademik mahasiswa yang aktif dan tidak aktif Berorganisasi jurusan Pendidikan Agama Islam angkatan 2018 IAIN Metro?”, penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan potensi akademik mahasiswa yang aktif dan tidak aktif berorganisasi jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Metro. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif komparatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode test sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung, teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan uji t test. Hipotesis penelitian ini adalah adanya perbedaan potensi akademik mahasiswa yang aktif dan yang tidak aktif berorganisasi Jurusan PAI angkatan 2018 IAIN Metro. Berdasarkan analisis data dan pengolahan data yang penulis kumpulkan dalam penelitian ini menggunakan analisis uji normalitas untuk melihat data tersebut berdistribusi normal dengan menggunakan uji lilliefors dan dilanjutkan dengan uji homogenitas untuk mengetahui data tersebut bervarian sama atau tidaknya sebagai syarat untuk menguji t test, setelah di uji t test maka diperoleh hasil (t hitung = 1,492 dan t tabel = 1,996) sehingga diperoleh t hitung ≠ t tabel pada a 0,05. Dengan demikian, hipotesis yang penulis ajukan diterima, yaitu adanya perbedaan potensi akademik mahasiswa yang aktif dan yang tidak aktif berorganisasi Jurusan PAI angkatan 2018 IAIN Metro, dan perbedaan tersebut menunjukan hasilyang aktif berorganisasi lebih baik dari mahasiswa yang tidak aktif berorganisasi.
Kata Kunci : Studi Komparatif, Potensi Akademik, Uji T Test
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 01:52 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 01:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5148 |
Actions (login required)
View Item |