Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa di masa Pandemi Covid 19

Kumalasari, Ita (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa di masa Pandemi Covid 19. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ITA KUMALASARI - Ita Kumalasari.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid 19?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid 19.Ada beberapa teknik yang digunakan peneliti untuk mendapatkan data penelitian. Diantaranya adalah tes, observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hal tersebut dapat diajkun hipotesis penelitian, adakah pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa di masa pandemic covid 19, sebagai berikut: Ho : Tidak ada pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa di masa pandemic covid 19. Ha : Terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa di masa pandemic covid 19. Berdasarkan analisis data dari pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Model pembelajaran Project Based Learning membuat siswa menjadi lebih antusias dan lebih bersemangat dalam proses pembelajaran. Melalui model pembelajaran ini siswa tidak hanya menjadikan mereka aktif, berfikir kritis namun juga melatih kekompakan antar siswa sehingga siswa satu dan lainnya lebih saling dekat dan belajar kerjasama dengan baik dengan saling bertukar pendapat dan informasi yang mereka peroleh. Hal tersebut tentu akan menjadikan pembelajaran lebih baik dan dapat meningkatkan pengetahuan siswa. Dengan demikian pada penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada kelas V di SDN 1 Bumi Kencana.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Dec 2021 01:57
Last Modified: 21 Dec 2021 01:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5154

Actions (login required)

View Item View Item