Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak Lampung Tengah

Andini, Ida Tri (2021) Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI IDA TRI ANDINI -1801011060 - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu kemampuan akhir atau hasil secara nyata dimana telah dicapai oleh siswa siswi dalam proses penguasaan berbagai materi pembelajaran yang ditelah dipelajari di sekolah baik offline maupun online. Hasil belajar ini dapat di wujudkan dalam bentuk raport pada setiap semester nya. Pembelajaran PAI di sekolah merupakan suatu bentuk materi pembelajaran dimana siswa di ajarkan untuk hidup guna meningkatkan keimanan, memupuk kebaikan, serta menerapkan modernisasi beragama yang selaras dengan ajaran Islam.

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas VII SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak Lampung Tengah?”

Kemudian, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak Lampung Tengah yang berjumlah 140 siswa. Selanjutnya, adapun Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah sampel yakni Simple Random Sampling untuk mengetahui jumlah yang diambil dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dan dokumentasi, serta untuk analisis data yakni menggunakan statistik inferensial.

Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Ada pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas VII SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak Lampung Tengah.”

Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data dengan rumus korelasi product moment yang berhasil dikumpulkan, maka dalam penelitian ini ditunjukkan nilai rhitung sebesar 0,147. Dapat diketahui bahwa rhitung 0,417 dan rtabel 0,349 dengan taraf signifikan 5%, artinya rhitung > rtabel, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan antara pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII. Hasil tersebut dilihat dari nilai sig yaitu 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:30
Last Modified: 02 Mar 2022 06:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5173

Actions (login required)

View Item View Item