Sari, Yunita (2021) Implikasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Membangun Akhlakul Karimah Siswa Kelas VIII MTs Darul A’mal Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI YUNITA SARI - 1701010091 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membangun merupakan suatu pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak yang berorientasi pada membangun akhlakul karimah. Aqidah akhlak adalah suatu upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan mengimani Allah Swt dan mengimplmenentasikan perilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Sedsngkan Akhlakul Karimah adalah tingkah laku seseorang yang tersusun akan norma-norma islami dengan landasan Al-quran dan hadist.
Pembelajaran yang selama ini berlangsung di lembaga pendidikan sekolah maupun luar sekolah, menurut sebagian kalangan tidak banyak yang mengimplikasikan akhlakul karimah sesuai dengan Al-Quran dan hadist, untuk itu diperlukannya pembelajaran yang lebih spesifik terhadap akidah akhlak untuk membentuk akhlak yang baik sesuai norma agar akhlakul karimah terlebih pada anak-anak dan para remaja tertanam dengan baik.
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah di atas, maka pertanyaan pada penelitian ini yaitu: Bagaimana implikasi pembelajaran akidah akhlak dalam membangun akhlakul karimah siswa kelas VIII di MTs Darul A‟mal?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana implikasi pembelajaran akidah akhlak dalam membangun akhlakul karimah siswa kelas VIII di MTs Darul A‟mal.
Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kualitatif lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari MTs Darul A‟mal Metro berkaitan dengan implikasi pembelajaran akidah akhlak dalam membangun akhlakul karimah siswa kelas VIII di MTs Darul A‟mal. Analisa data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi mereduksi data, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan atau melaksanakan verifikasi. Berdasarkan hasil analisa data wawancara dan dokumentasi yang peneliti peroleh, maka dapat disimpulkan bahwa implikasi pembelajaran akidah akhlak dalam membangun akhlakul karimah siswa kelas VIII di MTs Darul A‟mal sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Implikasi pembelajaran akidah akhlak dalam membangun akhlakul karimah di MTs Darul A‟mal Metro dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: (1) guru, (2) siswa, (3) sarana prasarana, dan (4) lingkungan. Faktor-faktor pendukung implikasi pembelajaran akidah akhlak dalam membangun akhlakul karimah yaitu kurikulum, guru, dan siswa. Faktor-faktor penghambat implikasi pembelajaran akidah akhlak dalam membangun akhlakul karimah yaitu faktor sarana prasarana dan faktor lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 06:31 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:31 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5176 |
Actions (login required)
View Item |