Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Kognitif Melalui Permainan Lego di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kelurahan Ganjar Agung Kecamatan Metro Barat Kota Metro

Yunitasari, Devi (2021) Upaya Meningkatkan Kognitif Melalui Permainan Lego di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kelurahan Ganjar Agung Kecamatan Metro Barat Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DEVI YUNITASARI - 1701030017 - PIAUD.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Bermain merupakan kebutuhan bagi anak, karena melalui bermain anak dapat memperoleh pengetahuan yang dapat mengembangkan kemampuan dirinya. Bermain lego merupakan salah satu alat bermain konstruksi yang bermanfaat untuk anak. Lego terdiri dari berbagai bentuk persegi dan segi panjang, berbagai warna yang menarik. Berdasarkan hasil prasurvey menunjukkan bahwa terdapat banyak anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ganjar Agung yang perkembangan kognitifnya belum berkembang sangat baik.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui bermain lego di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ganjar Agung. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan pada setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 21 anak

TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ganjar Agung yang terdiri dari 12anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Peningkatan kemampuan kognitif dikatakan berhasil apabila 17 dari 21 jumlah anak mampu mencapai kriteria perkembangan Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan presentase 81%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain lego dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Sebelum dilakukan tindakan belum ada anak yang berkembang sangat baik. Setelah adanya tindakan pada siklus I, kemampuan kognitif anak meningkat sebanyak 6 anak dengan presentase 29%, dan pada siklus II meningkat hingga 17 anak dengan presentase 81% kriteria berkembang sangat baik (BSB). Dalam kegiatan bermain lego guru mengenalkan macam-macam bentuk lego dan memberikan contoh mengelompokkan lego berdasarkan bentuk, mengurutkan lego berdasarkan ukuran, mengelompokkan lego berdasarkan warna, mengelompokkan lego yang berpasangan. Selanjutnya anak dapat mencoba mempraktikkannya, dengan teman-temanya.

Kata Kunci: Kognitif, Lego dan Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:31
Last Modified: 02 Mar 2022 06:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5182

Actions (login required)

View Item View Item