Tripitasari, . (2021) Pengaruh Pembelajaran Tajwid Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di MTs Al-Muhajirin Pematang Pasir Kabupaten Lampung Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI TRIPITASARI -1601010074 - PAI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran Al-Qur’an Hadis adalah proses belajar mengajar mengenai bagaimana memahami dan menjelaskan makna dari Al-Qur’an Hadis serta mengeluarkan hukum – hukum yang terdapat di dalam ilmu-ilmu tajwid.
Dalam proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Al-Muhajirin pematang pasir menjadikan pendidikan Agama Islam sebagai prioritas utama. Dalam hal ini Mts Al- Muhajirin Pematang Pasir mempunyai harapan besar siswa - siswinya mampu mempelajari pembelajaran Al-Qur’an sesuai dengan aturan dalam Al-Qur’an. Tetapi dalam proses pembelajaran Al-Qur’an hadis masih banyak kesulitan, seperti kurang pemahaman anak dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis. sehingga Hasil Belajar para siswa kurang maksimal, karena kurangnya minat belajar, susahnya anak untuk fokus saat pembelajaran.
Berdasarkan permasalahan yang diungkapkan diatas, maka diambil suatu rumusan masalah sebagai berikut: “Apakah Ada Pengaruh Pembelajaran Tajwid Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadis Kelas VII Siswa Mts Al Muhajirin Pematang Pasir”?. Adapun yang menjadi tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Tajwid Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadis Kelas VII Siswa Mts Al- Muhajirin Pematang Pasir”.
Penelitian ini didesain dengan metode deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket sebagai pokok, dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung, serta tehnik analisis data statistika penulis menggunakan rumus chi square / chi kuadrat. Hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini adalah “ Ada Pengaruh Pembelajaran Tajwid Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas VII Di Mts Al-Muhajirin Pematang Pasir”.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang penulis ajukan diterima dengan x2 =11,788 lebih besar dari harga x2 tabel= 9,488 dengan menggunakan derajat bebas sebesar (db)= 4 dengan taraf signifikan sebesar 5% . Dengan demikian maka harga chi kuadrat hitung x2 tabel > chi kuadrat tabel x2 tabel. Jadi dapat disimpilkan bahwa “pembelajaran tajwid berpengaruh terhadap penentuan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis”.
Kata Kunci : Pembelajaran Tajwid, Al-Qur’an Hadis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 06:51 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5196 |
Actions (login required)
View Item |