Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Siswa Program Paket C Terhadap Hasil Belajar PAI Di PKBM Al Suroya Metro Lampung

Indriyani, . (2021) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Siswa Program Paket C Terhadap Hasil Belajar PAI Di PKBM Al Suroya Metro Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI INDRIYANI -1701010041 - PAI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang atau landasan pendidikan adalah pencapaian skolastik yang terdiri dari pencapaian di tingkat pengajaran terbaru atau peningkatan prestasi akademis masa lalu. Sementara itu, siswa PKBM Al suroya khususnya dalam pelajaran PAI memiliki latar belakang yang berbeda-beda baik pendidikan formal seperti SMP dan MTS maupun pendidikan nonformal atau program paket B.

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk membuktikan hipotesis bahwa ―ada pengaruh latar belakang pendidikan siswa program paket C terhadap hasil belajar PAI di PKBM Al Suroya Metro‖ diterima (Ha) atau ditolak (Ho) dan untuk mengetahui besarnya pengaruh latar belakang pendidikan siswa terhadap hasil belajar PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif . Populasi dalam penelitian berjumlah 277 siswa dan sampel berjumlah 30 dari siswa yang aktif, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode angket dan tes soal hasil belajar PAI sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung.

Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan product moment untuk mengukur besarnya pengaruh latar belakang pendidikan siswa dan tingkat signifikansi antara variabel x dan y yang dikonsultasikan dengan r tabel yaitu dengan menggunakan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data memggunakan rumus product moment, diperoleh hasil r hitung dengan r tabel. Dari perhitungan tersebut diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel. r hitung sebesar 0,816 sedangkan r tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,374. Dengan demikian nilai r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 5% (0,816 > 0,374). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh latar belakang pendidikan siswa program paket C terhadap hasil belajar PAI di PKBM Al Suroya Metro.

Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan ada pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan siswa terhadap hasil belajar PAI di PKBM Al Suroya Metro yaitu dengan kontribusi sebesar 65,61%. Hal ini menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:51
Last Modified: 02 Mar 2022 06:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5197

Actions (login required)

View Item View Item