Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Pembelajaran Guru Akidah Akhlak Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MTs Mambaul Ulum Metro

Nurhayati, . (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Guru Akidah Akhlak Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MTs Mambaul Ulum Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NURHAYATI - 1701010159 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar adalah Kemampuan yang di peroleh anak setelah melalui beberapa kegiatan. Seorang guru melakukan pembelajaran dikelas dengan menggunakan metode pembelajaran seperti metode ceramah, Tanya jawab dan diskusi sehingga bisa merubah kemampuan atau tingkah laku siswa. Siswa bisa memperoleh ilmu dari kegiatan belajar yang diajarkan guru untuk siswa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah ―Adakah pengaruh metode pembelajaran guru akidah akhlak terhadap hasil belajar siswa diMTs Mambaul Ulum Metro‖, dan untuk populasi penelitian ini sebanyak 33 siswa dengan sampel 33 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode pembelajaran guru akidah akhlak terhadap hasil belajar siswa diMTs Mambaul Ulum Metro. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket) dan dokumentasi. Kuesioner (angket) ini akan ditunjukan kepada siswa kelas VII, VIII dan IX MTs Mambaul Ulum Metro untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran akidah akhlak terhadap hasil belajar siswa. Metode dokumentasi ini digunakan untuk memperoleh data-data Mengenai sejarah berdirinya, visi, misi, daftar guru, daftar siswa, sarana dan prasarana, struktur organisasi dan hasil belajar siswa kelas VII, VIII dan IX MTs Mambaul Ulum Metro. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran guru akidah akhlak terhadap hasil belajar siswa diMTs Mambaul Ulum Metro, Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadrat diperoleh harga Chi Kuadrat yaitu 14,3822 lebih besar dari pada harga Chi Kuadrat signifikan 5% dengan harga 9,488. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, dengan tingkat hubungan sangat kuat. Adapun dari hasil perhitungan koefisien determinasinya untuk metode pembelajaran akidah akhlak memiliki kontribusi atau pengaruh sebesar 67,35% dalam mempengaruhi hasil belajar siswa di MTs Mambaul Ulum Metro.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Hasil Belaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:51
Last Modified: 02 Mar 2022 06:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5202

Actions (login required)

View Item View Item