Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Religiusitas, Pemahaman, dan Bagi Hasil Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah Pada Masyarakat Iringmulyo

Saputra, Deni Imba (2021) Pengaruh Religiusitas, Pemahaman, dan Bagi Hasil Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah Pada Masyarakat Iringmulyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DENI IMBA SAPUTRA -1704100118 - S1 PBS.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Relegiusitas adalah faktor yang penting ketika masyarakat akan memilih suatu bank yang akan dipercaya untuk menyimpan dananya dan dapat terhindar dari riba atau bunga. Pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang jasa bank syariah juga akan mempengaruhi pandangan masyarakat mengenai bank syariah itu sendiri. Bagi hasil dimana seseorang akan tertarik atau berminat setelah mengetahui jasa yang disajikan oleh bank syariah dengan adanya kesepakan antara dua belah pihak menentukan nisbah bagi hasil yang sama-sama saling ridho dan sukarela. Minat merupakan kecenderungan nasabah untuk mengambil tindakan yang berhubungan dengan pembelian yang diukur dengan tingkat kemungkinan melakukan pembelian.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor relegiusitas terhadap minat, untuk mengetahui pengaruh faktor pemahaman terhadap minat, dan untuk mengetahui pengaruh faktor bagi hasil terhadap minat masyarakat Iringmulyo dalam menggunakan produk bank syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Iringmulyo Kecamatan Metro Timur yang berjumlah 623 orang. Sampel diambil 15% sehingga jumlah minimum sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 75 responden. Peneliti menggunakan teknik sampling random sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitin ini adalah menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 20 (statistica packages for the social science).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Variabel religiusitas (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat (Y). Hal ini menunjukkan bahwa religiusitas mampu meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan produk Bank Syariah di Kelurahan Iringmulyo Kota Metro. 2) Variabel pemahaman (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap minat masyarakat (Y). Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman mampu meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan produk Bank Syariah di Kelurahan Iringmulyo Kota Metro. 3) Variabel bagi hasil (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap minat masyarakat (Y). Hal ini menunjukkan bahwa bagi hasil mampu meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan produk Bank Syariah di Kelurahan Iringmulyo Kota Metro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:52
Last Modified: 02 Mar 2022 06:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5204

Actions (login required)

View Item View Item