Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Melalui Permainan Tradisional Di PAUD Puspa Kencana Punggur Kab. Lampung Tengah Tahun Ajaran 2021/2022

Saleha, Siti Mar’atun (2021) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Melalui Permainan Tradisional Di PAUD Puspa Kencana Punggur Kab. Lampung Tengah Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SITI MAR'ATUN SALEHA - 1701030013 - PIAUD.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan kerjasama anak di PAUD Puspa Kencana Punggur belum berkembang secara maksimal terutama dalam penggunaan permainan tradisional dalam mengembangankan kemampuan kerjasama anak. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk menerapkan permainan tradisional Bentengan, karena melalui permainan tradisional Bentengan dapat memberikan kegembiraan pada anak, melatih kerjasama anak, dan sebagai media bagi anak untuk bersosialisasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah permainan tradisional Bentengan dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak di PAUD Puspa Kencana Punggur Kab. Lampung Tengah?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak di PAUD Puspa Kencana Punggur Kab. Lampung Tengah.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan menggunakan 2 siklus, setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 24 anak kelas bintang PAUD Puspa Kencana Punggur, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 11 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan dua diantaranya analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional Bentengan dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak di PAUD Puspa Kencana Punggur Kab. Lampung Tengah. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian siklus II yang menunjukan bahwa kemampuan kerjasama anak sudah mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik yaitu ada 19 anak dengan persentase 79,1%. Hal tersebut juga terbukti dengan adanya peningkatan di setiap siklusnya dan telah memenuhi target yang sudah di tentukan. Maka peneliti tidak perlu melanjutkan ke siklus berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Mar 2022 00:46
Last Modified: 07 Mar 2022 00:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5209

Actions (login required)

View Item View Item