Hakiki, Nurul (2021) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Pada Siswa Di MTs Ma’arif 07 Padang Ratu Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI NURUL HAKIKI -1701010066 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Guru adalah seorang yang telah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan suatu ilmu, mendidik, mengarahkan,dan melatih siswa-siswinya agar memahami ilmu pengetahuan yang telah diajarkan dan dalam melakukan proses pembelajaran memiliki strategi. Strategi adalah rencana yang disusun secara sistematis dalam pembelajaran yang meliputi aspek-aspek telah ditentukan agar dapat mencapai tujuan yang diharapkaan. Pertanyaan penelitian bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai nilai akhlakul karimah pada siswa di mts ma’arif 07 padang ratu lampung tengah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada siswa di MTs Ma’arif 07 Padang Ratu Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Sumber dari penelitian ini adalah guru akidah akhlak MTs Ma’arif 07 Padang Ratu, kepala sekolah MTs Ma’arif 07 Padang Ratu beberapa siswa kelas 8. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, melakukan analisis dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian, menyatakan bahwa Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Pada Siswa Di Mts Ma’arif 07 Padang Ratu Lampung Tengah, langkah-langkah yang dilakukan guru akidah akhlak adalah guru menggunakan strategi pembelajaran ekspositori yakni seorang guru yang melakakukan pembelajaran pada proses penyampaian materi secara verbal hal ini dilakukan secara lisan dengan menggunakan cara ceramah dengan contoh materi berbuat baik terhadap tetangga dan saudara sekitar, selajutnya guru menggunakan strategi pembelajaran afektif yakni seorang guru yang melakukan pembelajaran melihat dari sisi akhlak siswa, baik siswa yang memiliki akhlak yang sudah baik maupun yang kurang baik dengan contoh melakukan pembiasaan yang baik seperti menerapkan peraturan untuk solat duha, solat dzuhur berjamaah. Dan guru menggunakan strategi pembelajaran kooperatif yakni seorang guru yang melakukan kegiatan pembelajaran dalam bentuk kelompok-kelompok siswa agar siswa mampu bekerjasama yang baik serta bertanggung jawab. Tujuan dari tiga strategi tersebut adalah agar siswa memiliki akhlak yang karimah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 00:47 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 00:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5222 |
Actions (login required)
View Item |