Dewantari, Yosi (2021) Pelayanan Driver Grab Terhadap Kepuasan Pengguna Grab (Studi Kasus Mahasiswa ESy Angkatan 2017 dan Dosen FEBI IAIN Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI YOSI DEWANTARI - 14119784 - ESy.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Memenuhi kebutuhan akan jasa transportasi tersebut, perlu adanya penyedia jasa yang memberikan pelayanan yang baik dan inovatif, Kualitas Pelayanan memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan, serangkaian kegiatan yang berlangsung secara rutin dan berkesinambungan meliputi seluruh kehidupan orang dalam masyarakat. kualitas pelayanan yang dilakukan oleh driver grab terutama driver Grabfood masih belum mencapai tujuan yang diinginkan, secara umum masih banyak terdapat kelemahan diantaranya adalah keramahan driver dan ketepatan waktu saat menggunakan layanan driver Grabfood. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana pelayanan drive grab pada mahasiswa ESy Angkatan 2017 dan Dosen FEBI IAIN Metro? 2) Bagaimana analisis pelayaan driver grab terhadap kepuasan pengguna grab pada mahasiswa ESy Angkatan 2017 Dosen FEBI IAIN Metro?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (fiel research) dengan sifat penelitian deskritif kualitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu pecandraan mengenai situasi dan kejadian secara sistematis, faktual, dan akurat. Sumber data merupakan subyek penelitian yang memiliki kedudukan penting, diperoleh dari sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah. 1) Pelayanan drive grab yang dilakukan oleh penyedia layanan dalam memenuhi kebutuhan dan penyampaiannya untuk mengimbangi harapan pelanggan, yaitu: Pertama, kesetaraan seperti waktu pelayanan. Kedua, keamanan sehingga aplikator wajib menyertakan tombol darurat yang terhubung dengan kepolisian untuk penumpang dan pengemudi. Ketiga, keselamatan seperti kondisi fisik, serta fasilitas. Keempat, keterjangkauan. Kelima, kenyamanan seperti kapasitas angkut hingga pakaian pengemudi. Keenam, Pengawasan standar pelayanan akan diserahkan kepada aplikator 2). Analisis pelayaan driver grab terhadap kepuasan pengguna grab pada mahasiswa Esy angkatan 2017 Dosen FEBI IAIN Metro yaitu: pengguna driver grab terhadap pelayanan driver grabfood sudah sangat puas dengan pelayana dari driver Grab mudah diakases dari pada masyarakat umum dan driver grabfood dapat dipilih sesuai kebutuhan yang diinginkan. Ada juga yang berpendapat bahwa driver grabfood terlalu mahal dan hanya cocok untuk kalangan menengah keatas, tetapi secara keseluruhan pelanggan merasa puas dengan pelayanan driver grabfood.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 08:20 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 08:20 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5236 |
Actions (login required)
View Item |