Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Totokaton

Styaningrum, Sekar (2021) Peran Guru Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Totokaton. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SEKAR STYANINGRUM -1701050037 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pada kegiatan pembelajaran, guru memegang peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran siswa dan peningkatan hasil belajar siswa. Namun pada pelaksanaannya, berdasarkan hasil prasurvey masih ada siswa yang nilai matematikanya rendah dan belum mencapai standar nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan hanya beberapa siswa yang sudah mencapai KKM. Guru juga sempat mengalami kesulitan dalam menjelaskan dan menyampaikan materi kepada siswa, karena ada beberapa siswa tidak memperhatikan saat guru menjelaskan materi yang mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal latihan atau tugas yang diberikan guru dan siswa terlihat kurang aktif dalam belajar.

Berdasarkan permasalahan yang ada, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam peningkatan hasil matematika siswa dan faktor-faktor apa saja yang memengaruhi hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Totokaton.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang mengambil lokasi penelitian di SDN 1 Totokaton. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu Guru kelas IV dan seumber data sekunder yaitu siswa, kepala sekolah dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, angket dan dokumentasi.

Hasil data penelitian yang diperoleh berdasarkan indikator peran guru yang meliputi guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, penasehat, model dan teladan serta evaluator yaitu dari satu sampel guru kelas IV sudah cukup baik dan cukup berperan dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa seperti guru sering membantu siswa dalam mengerjakan soal latihan jika siswa kesulitan, guru sering memberi nasehat dan arahan kepada siswa, guru selalu melakukan penilaian dan lain sebagainya. Dari enam sampel siswa kelas IV, empat diantaranya sudah baik dalam peningkatan hasil belajar matematika nya. Namun ada dua siswa kurang baik dikarenakan ada faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhinya.

Berdasarkan analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan dan dipahami bahwa peran guru dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV sudah baik, karena hasil belajar empat dari enam sampel siswa sudah baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Mar 2022 08:21
Last Modified: 24 Mar 2022 08:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5239

Actions (login required)

View Item View Item