Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kesulitan Pembelajaran IPS Secara Daring Di MI Muhammadiyah Trimulyo

Kurniasih, Setri (2021) Analisis Kesulitan Pembelajaran IPS Secara Daring Di MI Muhammadiyah Trimulyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SETRI KURNIASIH -1701050038 - PGMI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Pada saat ini pembelajaran yang dilakukan secara terpisah antara peserta didik dan pendidik disebut dengan pembelajran daring. Terutama pembelajaran IPS yang dilakukan juga secara daring menggunakan aplikasi WhatsApp grup. Dalam pembelajaran daring ini terdapat berbagai kesulitan yang dialami oleh siswa, guru maupun orang tua.

Dalam penelitian pertanyaan penelitiannya adalah “Apa saja kesulitan yang dihadapi dalam pembelajaran IPS secara daring?”. Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran IPS secara daring dan untuk mengetahui kesulitan yang ada pada pembelajaran IPS secara daring di MI Muhammadiyah Trimulyo. Manfaat penelitian ini untuk mengembangkan pembelajaran daring agar dapat terlaksana dengan lancar. Dengan mengetauhui kesulitan ini pihak lembaga dan diharapkan dapat mengetahui solusi untuk keberhasilan pembelajaran daring.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa, guru serta orang tua MI Muhammadiyah Trimulyo. Metode penggumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data dianalisi kemudian menggunakan Triangulasi dan ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, siswa dan guru melakukan pembelajaran secara terpisah dengan cara daring menggunakan Whatsapp grup. Siswa diberikan tugas lalu dikumpulkan secara personal kepada guru mata pelajaran. Adapun kesulitan yang dialami oleh siswa, guru maupun orang tua yakni: 1) kurangnya pemahaman terhadap materi yang diberikan oleh guru, 2) fasilitas serta faktor teknologi yang belum memadai, 3) biaya dalam pembelian paket data atau kuota, 4) serta pendampingan orang tua yang kurang.

Kata Kunci: Kesulitan, IPS, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Mar 2022 08:24
Last Modified: 24 Mar 2022 08:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5243

Actions (login required)

View Item View Item