Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Pembelajaran Qiroati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di Rumah Qur’an Firdaus 29 Banjarsari Metro Utara

Khairuni, Ghefrin (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Qiroati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di Rumah Qur’an Firdaus 29 Banjarsari Metro Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI GHEFRIN KHAIRUNI - 1801010046 - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Metode qiroati adalah suatu metode membaca Al-Quran yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Membaca Al-Quran tidak terlepas dari ketentuan hukum tajwid. Dengan belajar metode, kemampuan membaca Al-Qur’an dapat diperoleh karena adanya keinginin untuk belajar membaca Al-Quran dari awal seperti huruf hijaiyah, makhraj dan hukum tajwid. Permasalahan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran qiroati yang sudah terapkan berjalan baik, akan tetapi masih terdapat santri yang kurang dalam membaca Al-Quran. Dalam kemampuan membaca Al-Quran santri, diperoleh dari hasil wawancara prasurvey terdapat santri yang paham mengimplementasikan ilmu tajwid dan makhrijul huruf dan santri yang belum paham mengenai ilmu tajwid dan makhrijul huruf.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Metode pembelajaran Qiroati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di Rumah Qur’an Firdaus 29 Banjarsari Metro Utara ?

Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Qiroati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Rumah Qur’an Firdaus 29 Banjarsari Metro Utara. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh informasi/data dari responden, jenis angket tertutup yaitu angket yang jawabannya sudah disediakan. Metode angket digunakan utnuk memperoleh data variabel X dengan 10 item pertanyaan dan metode tes digunakan untuk memperoleh data variabel Y. Teknik analisis data dengan menggunakan uji T

Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Ada pengaruh metode pembelajaran Qiroati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Rumah Qur’an Firdaus 29 Banjarsari Metro Utara”. Adapun populasi pada penelitian ini berjumlah 102 santri, sedangkan sampel pada penelitian ini santri dikelas 2 yang berjumlah 50 santri

Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data dengan uji T yang berhasil dikumpulkan, maka dapat diketahui bahwa t0 adalah lebih besar daripada ttabel yaitu 21,0284 > 2,009, maka dapat disimpulkan hipotesis alternatif diterima, artinya bahwa adanya perbedaan skor metode qiroati terhadap kemampuan membaca Al-Quran santri sebelum dan sesudah metode qiroati diterapkannya merupakan perbedaan yang berarti atau perbedaan yang signifikan dan terdapat pengaruh antara metode pembelajaran qiroati terhadap kemampuan membaca Al-Quran santri di rumah Qur’an firdaus 29 Banjarsari Metro Utara.

Kata Kunci : Metode Pembelajaran Qiroati, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Mar 2022 08:24
Last Modified: 24 Mar 2022 08:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5246

Actions (login required)

View Item View Item