Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Negeri 1 Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah

Vefriani, Lucia (2021) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Negeri 1 Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LUCIA VEFRIANI - 1701040116 - TMTK.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Siswa kurang mampu dalam memahami permasalahan, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan menjelaskan serta melihat kembali hasil yang didapat ketika tahap menyelesaikan soal yang berbentuk pemecahan masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan siswa dengan menggunakan model pembelajaran generatif dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Banyak Tahun Ajaran 2021/2022.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan Posttest- Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Banyak yang terdiri dari lima kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling dan terpilih siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen serta kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah dari hasil tes (Posttest) empat butir soal setelah diberikan perlakuan dalam proses pembelajaran. Dari data tes yang terkumpul lalu dilakukan analisis data menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas data dan (uji-t).

Dari hasil analisis data yang didapat dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII B pada (uji-t) diperoleh nilai = 6,3389 dan nilai = 1,670. Karena hasil yang diperoleh > maka ditolak dan diterima. Artinya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh model pembelajaran Generatif dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran Konvensional (Ceramah). Sehingga dapat disimpulkan Penggunaan Model Pembelajaran Generatif berpengaruh lebih baik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Negeri 1 Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (Ceramah).

Kata Kunci: Generatif, Konvensional, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Mar 2022 08:25
Last Modified: 24 Mar 2022 08:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5247

Actions (login required)

View Item View Item