Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Studi Komparasi Antara Strategi Pembelajaran Genius Dengan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar PAI SMA Muhammadiyah Braja Selebah

Meitin, Ade (2021) Studi Komparasi Antara Strategi Pembelajaran Genius Dengan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar PAI SMA Muhammadiyah Braja Selebah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ADE MEITIN - 1701010093 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar adalah suatu aktivitas yang menimbulkan perubahan berupa pola-pola perbuahan nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan atau mencakup tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan pisikomotorik. Dalam penelitian ini penulis membandingkan strategi pembelajaran genius dengan konvensional. Strategi pembelajaran genius didalamnya sangat memperhatikan kesiapan belajar peserta didik, suasana kelas, lingkungan, dan lain-lain. Sedangkan pembelajaran konvensional di dalamnya hanya mengandalkan seorang pendidik untuk menyampaikan materi yang cenderung peserta didik pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari pendidik. Akan tetapi setiap model pembelajran apa saja yang digunakan pada akhir proses pembelajaran akan menghasilkan hasil belajar.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yatiu Apakah ada perbedaan strategi pembelajaran Genius dengan pembelajaran konvensioanl terhadap hasil belajar PAI kelas X SMA Muhammadiyah Braja Selebah. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengetahui seberapa besar perbedaan strategi pembelajran genius dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar PAI. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif, tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, utuk tekhnis analisis data mengunakan rumus uji t.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan dari kedua pembelajaran di atas, yang dibuktikan dari hasil uji hipotesis mengunakan rumus uji t. Untuk Ha di terima dan Ho di tolak, pembelajaran genius diperoleh sedangkan dengan taraf signifikan 0,5 yaitu 2.010635. Dan untuk pembelajran konvensional diperoleh -9.65616 sedangkan dengan taraf signifikan 0.5 yaitu 2.010635. Selisih dari kedua pembelajaran di atas adalah 11%.

Jadi dari kedua pembelajaran di atas sama-sama mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar, akan tetap strategi genius yang lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Mar 2022 08:26
Last Modified: 24 Mar 2022 08:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5256

Actions (login required)

View Item View Item