Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Di MAN 1 Lampung Timur

Wati, Putri Febri Liana (2021) Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Di MAN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI PUTRI FEBRI LIANA WATI -1701040124 - TMTK.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terdapatnya perbedaan gaya belajar terhadap kemampuan menangkap informasi, memaknai, dan memahami materi sehingga terdapat perbedaan kecenderungan gaya belajar terhadap kemampuan penalaran matematis masing-masing siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar siswa yang paling mendominasi. Penelitian ini merupakan penelitian mixed metode. Penelitian merupakan kuantitatif karena untuk mengetahui gaya belajar siswa yang paling mendominasi dan penggunaan tes kemampuan penalaran matematis. Kemudian penelitian merupakan kualitatif karena mendeskripsikan data tersebut untuk menghasilkan gambaran yang jelas dan terperinci tentang kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar siswa yang paling mendominasi. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes kemampuan penalaran. Teknik analisis yang dipakai adalah kuantitatif untuk data gaya belajar dan tes kemampuan penalaran dan deskriptif untuk analisis kualitatif menurut Miles dan Huberman. Selanjutnya analisis seluruh data dilakukan dengan langkah-langkah yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 subjek yang diambil dengan menggunakan angket gaya belajar, hasil observasi, dan wawancara maka diambil 3 siswa dengan gaya belajar visual kelas X IPA 1, dan 3 siswa dengan belajar visual kelas X IPA 2.

Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan gaya belajar siswa atau gaya belajar siswa yang mendominasi kelas X IPA MAN 1 Lampung Timur adalah gaya belajar Visual. Sedangkan hasil penelitian untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi eksponen, antara lain: Sehingga siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melakukan manipulasi matematika dan kemampuan memeriksa kesahihan suatu argumen, siswa dengan gaya belajar visual mampu mengungkapkan langkah yang digunakan untuk menyelesaikan soal tersebut dengan pola penyelesaian soal dengan tepat. Sedangkan kelemahan siswa dengan gaya belajar visual adalah siswa belum mampu dalam menyajikan pertanyaan matematika baik secara tertulis dan gambar dan belum mampu memberikan kesimpulan yang sesuai dengan baik. Sehingga kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar visual didominasi oleh indikator dengan kemampuan melakukan manipulasi matematika dan kemampuan memeriksa kesahihan suatu argumen.

Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Mar 2022 08:26
Last Modified: 24 Mar 2022 08:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5257

Actions (login required)

View Item View Item