Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Masa Pandemi Covid-19 Kelas XI SMA Negeri 1 Raman Utara

Rosada, Amrina (2021) Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Masa Pandemi Covid-19 Kelas XI SMA Negeri 1 Raman Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AMRINA ROSADA -1801010010. - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Kesulitan belajar ialah kondisi dimana siswa tidak mampu untuk belajar dengan baik yang disebabkan adanya gangguan, baik berasal dari faktor internal maupun faktor eksternal. Guru agama Islam dan budi pekerti ialah salah satu mata pelajaran yang diharapkan dapat memberikan konstribusi kepada siswa untuk mempelajari serta mempraktekkan ajaran agama Islam yang terkandung banyak nilai-nilai kehidupan. Pada masa sekarang ini, seluruh dunia telah dihadapkan oleh adanya pandemi virus Covid-19. Dengan adanya virus tersebut, kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan yang sangat drastis. Guru maupun siswa sama-sama mengalami kesulitan dalam belajar. Dengan demikian, guru berusaha sebaik mungkin agar pembelajaran tetap terlaksana dengan baik.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka pertanyaan penelitian ini ialah bagaimana upaya guru mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di masa pandemi Covid-19 kelas XI SMA Negeri 1 Raman Utara, apa saja penyebab siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di masa pandemi Covid-19 kelas XI SMA Negeri 1 Raman Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di masa pandemi Covid-19 kelas XI SMA Negeri 1 Raman Utara, mengetahui penyebab siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di masa pandemi Covid-19 kelas XI SMA Negeri 1 Raman Utara.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan sifat penelitian yakni deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi teknik. Sedangkan analisis data yakni dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di masa pandemi Covid-19 ini dengan mengadakan pertemuan dengan siswa seminggu sekali untuk mengumpulkan tugas dan pengulasan materi pelajaran, guru dan orang tua memberikan motivasi belajar kepada siswa, dan guru memberikan pengajaran perbaikan atau remidial. (2) penyebab siswa mengalami kesulitan belajar di masa pandemi Covid-19 ialah fasilitas yang rendah, minat belajar yang rendah, dan kurangnya interaksi antara guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Mar 2022 03:28
Last Modified: 25 Mar 2022 03:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5264

Actions (login required)

View Item View Item