Mala, Asnal (2021) Evektivitas Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMA TMI Raudlatul Qur’an. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ASNAL MALA - 1701010102 - PAI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Hasil belajar adalah hasil seseorang yang dimana telah melakukan kegiatan belajar yang telah di terima setelah belajar, seperti hal nya hasil yang dapat berupa bentuk angka, huruf ataupun tindakan dan wujud yang sudah di rapihkan dan di berkaskan kedalam raport. Indikator dari hasil belajar ini adalah kognitif, Afektif Psikomotorik.
Metode merupakan salah satu komponen bagi pendidikan yang sangat penting dan peranya sangat besar dalam menentukan keberhasilan suatu pendidikan. Maka dari itu seorang guru harus dapat memilih metode yang pas dan cocok agar metode ini dapat berjalan efektif sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai sesuai target yang sudah di tentukan.
Penggunaan metode demonstrasi ini adalah salah satu metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana mendemonstrsikan segala sesuatu menjadi lebih jelas dan mudah di fahami oleh siswa-siswi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Evektivitas Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMA TMI Raudlatul Qur’an.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sumber datanya yaitu: Guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah Dan Siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,Observasi dan Dokumentasi.
Hasil penelitian tentang evektivitas metode demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam di kelas X SMAS TMI Metro sebagai berikut : 1. Evektivitas metode demonstrasi pembelajaran pendidikan agama islam sudah berjalan dengan baik metode ini sangat berpengaruh sekali terhadapa siswa siswi karna dengan menggunakan metode ini siswa-siswi tidak merasa jenuh dan bosan. 2. Faktor pendukung evektivitas metode demonstrasi dalam pembelajaran agama Islam yaitu dengan memberikan dukungan yang positif selalu memberikan semangat kepada siswa-siswi berani untuk bertanya di dalam kelas, membantu siswa-siswi dalam kesulitan dan memanfaat kan fasilitas yang ada agara lebih baik. 3. Faktor penghambat evektivitas metode demonstrasi dalam pembelajaran agama islam yaitu masih kurang nya siswa-siswi yang tidak memperhatikan masih ada nya fasilitas yang kurang, masih ada siswa-siswi yang rebut sehingga membuat kelas tidak kondusif dan mengakibatkan yang lain ikut-ikutan.
Bedasarkan penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa tingkat Evektivitas Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMA TMI Raudlatul Qur’an termasuk katagori sudah baik.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Demonstrasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 03:29 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 03:29 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5265 |
Actions (login required)
View Item |