Sari, Muthia Ratna (2021) Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Penjualan Tanaman Hias (Studi Komparasi di Yosomulyo dan Pekalongan). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MUTHIA RATNA SARI - 1704040142 - ESy.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Salah satu usaha tanaman hias di Yosomulyo, yakni UD Puspa Lestari mampu mempertahankan tingkat penjualannya meskipun berada dekat dengan sentra tanaman hias, yakni Kecamatan Pekalongan. Hal ini karena UD Puspa Lestari menerapkan strategi bauran pemasaran dalam kegiatan usahanya.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pelaksanaan bauran pemasaran terhadap penjualan tanaman hias yang ada di Yosomulyo dan Pekalongan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif menggunakan metode komparasi dengan membandingkan antara usaha tanaman hias yang ada di Yosomulyo dan Pekalongan.
Berdasarkan hasil penelitian, UD Puspa Lestari, Toko MD dan Usaha Aglonema sudah melaksanakan strategi baruan pemasaran 4P dengan baik hingga mampu mempertahankan tingkat penjualannya. Dimana dari segi produk ketiganya mengikuti kebutuhan dan kenginginan konsumen dengan harga jual yang tidak melebihi harga pasaran tanaman hias. UD Puspa Lestari dan Toko MD menerapkan startegi bauran tempat dengan memilih lokasi di pinggir jalan raya dan Toko MD lebih unggul lantaran lokasinya berada dekat Pasar Pekalongan. Bauran promosi sudah diterapkan oleh ketiganya dimana UD Puspa Lestari lebih unggul dengan menerima reseller dari kalangan anak muda.
Kata kunci: Bauran Pemasaran, Penjualan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 03:35 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 03:35 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5269 |
Actions (login required)
View Item |