Ulum, M. Bahrul (2021) Implementasi Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Riyadlatul `Ulum Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Text
M. BAHRUL ULUM, NPM. 1601010251 - M bahrul ulum.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan akhlak bagi santri semakin penting dewasa ini mengingat kemajuan teknologi dan pesatnya perkembangan informasi dapat berpengaruh terhadap cara berpikir dan berperilaku santri, yang tidak lagi menjadikan agama sebagai pedoman perilaku. Kondisi tersebut dapat menjauhkan santri dari nilai nilai akhlak yang menjadi misi utama ajaran Islam. Oleh karena itu diperlukan pendidikan yang memenuhi kebutuhan spiritual dan intelektual santri, dan lebih berorientasi pada pembinaan akhlak santri dengan mengacu kepada nilai-nilai akhlak dalam ajaran. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana Bagaimana peranan guru pendidikan agama Islam dalam Bagaimana implementasi pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Riyadlatul 'Ulum Kecamatan tanghari Kabupaten Lampung Timur? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Riyadlatul 'Ulum Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif berdasarkan teori Miles and Hubermean yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu data reduction, data display dan conclusion/verivication. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Riyadlatul 'Ulum Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur berlangsung secara berjenjang dan klasikal, mulai dari jenjang isti'dad (Sabrowi) sampai dengan jenjang ulya (Alfiyah) dalam bentuk madrasah diniyah. Bahan ajar pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Riyadlatul 'Ulum menggunakan kitab-kitab klasik berbahasa Arab bersumber karya para ulama yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan "kitab kuning". Tujuan Materi pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Riyadaltul Ulum mengacu kepada kitab Alala, Akhlaq al-Banin, Tanbihul Muta‟alim, Ta'limul Muta'allim, Bidayatul Hidayah, Minhaj al-Abidin, Kifayatul Atqiya, al- 'Usfuriyyah, dan Irasyd al- 'Ibad . Santri belajar kitab-kitab akhlak sesuai dengan tingkatannya. Pada tingkat isti'dad santri belajar kitab Alala. Pada tingkat Ula (Jurumiyyah, Murodan) santri belajar kitab Akhlaq al-Banin dan Tanbihul Muta'allim. Pada tingkat wuhstho (I‟rob , Imrity) santri belajar kitab Ta'lim Muta'allim dan pada tingkat Ulya (Alfiyyah) santri diajarkan kitab Bidayatul Hidayah. Selain itu santri juga dapat mengikuti pelajaran kitab-kitab akhlak di luar jama belajar di kelas, seperti kajian kitab Minhaj al-Abidin, Kifayatul Atqiya', al 'Usfuriyyah, Irasyd al-'Ibad dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 01:20 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 01:20 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5275 |
Actions (login required)
View Item |