Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Interactive Book untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Sel Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Way Jepara

Sari, Putri Ayuda (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Interactive Book untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Sel Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Way Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
PUTRI AYUDA SARI - Putri Ayudaa.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran dibutuhkan suatu pembaharuan yang dapat menunjang peroses pembelajaran dengan tujuan menjadikan peserta didik tertarik pada materi dan dapat memahaminya dengan baik. Media pembelajaran dapat dikembangkan dan dijadikan sebuah inovasi baru dalam peoses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Interactive Book dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa SMA kelas XI. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian R&D yang dadopsi dari pengembangan Borg and Gall, subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Way Jepara dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket validasi ahli materi, media, dan uji coba siswa dan guru serta tes tertulis. Jenis data yang dihasilkan kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas Interactive Book yang dikembangkan. Peneliti juga mengukur bagaimana pemahaman siswa mengenai isi dari materi di dalam Interactive Book tersebut dengan melakukan tes pemahaman menggunakan Quasi Experiment dengan jenis posttest only control
desain.
Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa Interactive Book sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan presentase 76% dengan kategori “Baik”, ahli media mendapatkan presentase 92% dengan kategori “Sangat Baik”, penilaian guru mendapatkan presentase 95% dengan kategori “Sangat Baik”, dan dalam uji coba terbatas mendapatkan presentase 95% dengan kategori “Sangat Baik”. Sesuai hasil Uji-t yang dilakukan didapatkan nilai 5.425 dengan P = 0.0000 dengan taraf signifikan 1%. Hal tersebut dapat diartikan bahwa tidak ada keslahan dari penghitungan peneliti dari hasil penghitungan statistik dan terdapat perbedaan yang signifikan diantara dua kelompok tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:35
Last Modified: 03 Jan 2022 07:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5285

Actions (login required)

View Item View Item