Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Integral Minhajuth Thullab Way Jepara

Fitriani, Ulfi (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Integral Minhajuth Thullab Way Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Ulfi Fitriani - Ulfi Fitriani.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan komunikasi dalam mata pelajaran matematika, di mana dalam menyelesaikan soal siswa belum mampu mengkomunikasikan ide-ide matematika baik secara lisan maupun tulisan melalui penggunaan simbol, tabel, gambar, grafik atau diagram. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Integral Minhajut Thullab Way Jepara Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas VIII SMP Integral Minhajut Thullab Way Jepara yang terdiri dari dua kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sehingga siswa kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa adalah hasil tes (posttest) sebanyak 7 butir soal setelah pemberian perlakuan pembelajaran. Data tes yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji Mann-Whitney U.
Berdasarkan hasil analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa pada hasil uji hipotesis menggunakan uji perbedaaan rata-rata diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) untuk uji dua sisi adalah 0,004 < 0,05, maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa dari kedua kelompok berbeda. Sehingga terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Integral Minhajuth Thullab Way Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:37
Last Modified: 03 Jan 2022 07:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5286

Actions (login required)

View Item View Item