Sidik, Abdul Fajar (2021) Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Emha Ainun Nadjib. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ABDUL FAJAR SIDIK-1 (1)-fix-1-dikonversi - Abdul Fajar Sidik.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan karakter adalah salah upaya untuk membentuk kepribadian masyarakat menjadi lebih baik sesuai dengan ajaran agama Islam. Permasalahan saat ini pendidikan karakter hanya fokus pada tranformasi ilmu pengatahuan sehingga banyak nilai-nilai pendidikan karakter yang bergeser dan menciptakan konflik kekerasan. Data yang dihimpun oleh puslitbang kemenag terjadi kenaikan secara signifikan mengenai bergesernya nilai pendidikan karakter yaitu 69.5 % yang sebelumnya hanya 50.9 % sehingga perlu adanya penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter perspektif Emha Ainun Nadjib. Jenis Penelitian dalam penelitian ini adalah kepustakaan (Library Research), yang bertumpu pada kajian dan telaah teks. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) teknik telaah dokumen yang mengintrepetasikan buku-buku Emha Ainun Nadjib yang berkaitan dengan pendidikan karakter, (2) teknik wawancara, (3) teknik komunikasi dan (4) teknik pengukuran data. Sehingga dapat menemukan perspekti Emha Ainun Nadjib tentang pendidikan karakter.
Analisis data dalam penelitian ini bahwa konsep pendidikan karakter perspektif Emha Ainun Nadjib mengacu pada olah pikir, olah hati, olah rasa, olah raga. Sehingga manifestasi pendidikan karakter perspektif Emha Ainun Nadjib pertama adalah pola pikir yang humanis,inklusif, dan pragmatis,kedua rasa rendah hati yaitu sifat tawadhu,ketiga adalah mempunyai sikap keterbukaan, rasa penuh empati, dan rasa toleransi yang akan diimplementasikan kedalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 07:00 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 07:00 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5287 |
Actions (login required)
View Item |