Febiyanti, Silvia (2021) Implementasi Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Di SDN 02 Gunung Sari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI SILVIA FEBIYANTI (PGMI 1701050083) - silvia febiyanti.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran sangat mempengaruhi jalannya kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, metode eksperimen diperlukan dalam pembelajaran IPA dalam materi sistem pernapasan pada manusia untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi dan melakukan percobaan untuk membuktikan kebenaran teori yang ada didalam buku. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implemetasi metode eksperimen dalam pembelajaran IPA materi sistem pernapasan pada manusia di kelas V A SDN 02 Gunung Sari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 02 Gunung Sari. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan trianggulasi sumber data. Sedangkan untuk menganalisis data, tahapan- tahapan yang dilakukan peniliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa implementasi metode eksperimen dalam pembelajaran IPA materi sistem pernapasan pada manusia di kelas V SDN 02 Gunung Sari dilaksanakan dengan melalui 3 proses seperti Perencanaan yaitu guru sebelum melakukan pembelajaran harus merancang suatu pembelajaran dengan cara membuat RPP yang didalamnya terdapat hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran seperti SK, KD, materi, metode, media dan langkah pembelajaran yang harus disesuaikan dan dirancang dengan baik. Pelaksanaan yaitu kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPA dengan metode eksperimen yang berjalan dengan baik, semua siswa melakukan percobaan dengan antusias dan sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran siswapun merasa senang dan tidak bosan. Evaluasi yaitu menilai hasil dari proses pembelajaran dengan tes tertulis serta praktik dalam melakukan metode eksperimen untuk mengambil kemampuan siswa dalam menerima materi dengan metode eksperimen, jika hasilnya baik dapat dilanjutkan ke materi selanjutnya jika kurang baik dilakukan remedial. Dengan menggunakan metode eksperimen aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung terlihat telah memperhatikan penjelasan baik tahapan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Sebagian besar siswa sangat tertarik dalam mengikuti pembelajaran dengan melakukan eksperimen. Hal ini terlihat dari siswa yang senang, vii bersemangat dan melibatkan diri untuk bereksperimen serta ikut berdiskusi dengan kelompoknya. Sebagian dari jumlah siswa terlihat aktif bertanya maupun menanggapi ketika diskusi kelas. Siswa sudah dapat menjelaskan materi yang dipelajarinya dari hasil bereksperimen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 07:00 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 07:00 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5288 |
Actions (login required)
View Item |