Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV MI Muhammadiyah Pekalongan Lampung Timur

Firnanda, Shinta (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV MI Muhammadiyah Pekalongan Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Shinta Firnanda New - Shinta firnanda.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran IPS kelas IV di MI Muhammadiyah Pekalongan Lampung Timur terdapat salah satu masalah mengenai proses pembelajaran yang belum tercapai. Hal ini dikarenakan oleh kurang dikemasnya pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Kurangnya guru dalam memanfaatkan model pembelajaran yang bervariasi juga berpengaruh pada hasil belajar siswa dari 22 siswa yang tuntas 8 siswa (36,3%) dan yang tidak tuntas 14 siswa (63,6%). Dengan kondisi ini maka peneliti mengambil solusi dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw. Adapun rumusan masalah pada skripsi ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV MI Muhammadiyah Pekalongan Lampung Timur tahun pelajaran 2020/2021?. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari dua siklus dengan tiap tahapannya meliputi : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa MI Muhammadiyah Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar dari penggunaan model pembelajaran tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS kelas IV di MI Muhammadiyah Pekalongan. Teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Dengan pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di MI Muhammadiyah Pekalongan tahun pelajaran 2020/2021, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan belajar siswa diawal sebesar 31,8% mengalami kenaikan pada siklus I pertemuan II menjadi 40,9% dan pada siklus II mengalami kenaikan ketuntasan menjadi 86,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:37
Last Modified: 03 Jan 2022 07:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5289

Actions (login required)

View Item View Item