Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Media Gambar pada Anak di PAUD Puspa Kencana Punggur Kab. Lampung Tengah

Amalia, Agnes Florika (2021) Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Media Gambar pada Anak di PAUD Puspa Kencana Punggur Kab. Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Agnes Florika Amalia_1701030039 - Fida yuliana yuliana.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan berbicara anak melalui media gambar pada anak PAUD Puspa Kencana Punggur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan observasi diketahui bahwa salah satu penyebab kurangnya kemampuan berbicara anak yaitu peserta didik bosan dengan pembelajaran yang disampaikan, penggunaan media gambar jalang dilakukan oleh guru PAUD Puspa Kencana Punggur. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Penerapan Media Gambar dapat Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak PAUD Puspa Kencana Punggur” adapun tujuannya penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media gambar.
Penelitian dilakukan dua siklus dan setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 23 peserta didik PAUD Puspa Kencana Punggur yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan deskriptif kuali tatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan berbicara anak dikatakan berhasil apabila 75% atau 18 peserta didik mencapai nilai BSB.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Kemampuan berbicara anak sebelum dilakukan tindakan ada 6 anak dengan kriteria berkembang sangat baik. Setelah adanya tindakan siklus I pertemuan I kemampuan anak 26,086% dan pada pertemuan ke II kemampuan berbicara anak meningkat menjadi 30,434% dan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 18 peserta didik atau 78.260% dengan kriteria berkembang sangat baik. Selisih antara siklus I pertemuan I dan Siklus II pertemuan II adalah 47,826%. Dalam pembelajaran menggunakan media gambar, guru mengajak anak melakukan diskusi tentang bagian-bagian tubuh pada burung menggunakan bahasa Indonesia, dan kata sifat. Selanjutnya anak dapat mempraktikkan bagaimana burung itu terbang dan berbicara menggunakan kata sifat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:37
Last Modified: 03 Jan 2022 07:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5290

Actions (login required)

View Item View Item