Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pelaksanaan Pembelajaran PAI di Masa Covid-19 dan Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Punggur Lampung Tengah

Nirwana, Meydita Dara (2021) Pelaksanaan Pembelajaran PAI di Masa Covid-19 dan Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Punggur Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ( Meydita Dara Nirwana ) 1701010142 - Meydita Dara Nirwana.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan sesuatu yang dapat menimbulkan dorangan untuk semangat dalam belajarMotivasi belajar merupakan kebutuhan yang paling mendasar dalam melakukan pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran daring (online). Motivasi merupakan suatu kondisi psikologis yang mampu mendorong seseorang untuk melakukan suatu tindakan. Motivasi dalam pembelajaran berorientasi pada pencapaian seseorang untuk semangat bekajarnya. Namun dalam proses pembelajaran daring ini, pendidik sedikit kesulitan dalam menyampaikan pembelajaran terutama mata pelajaran PAI dan tidak sedikit siswa yang merasakan kesusahan ketika memahami materi pembelaran yang disampaikan. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara online membutuhkan media seperti telepon, tablet dan laptop. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh pelaksanaan pembelajaran PAI di masa Covid-19 terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Punggur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran PAI di masa Covid-19 terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Punggur, dengan menggunakan sampel penelitian sebanyak 30 siswa.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dan dokumentasi. Angket atau kuesioner ditunjukan kepada siswa untuk memperoleh data tentang pembelajaran PAI di masa Covid-19 yang diterapkan dan motivasi belajar yang dimiliki siswa. Sedangkan dokumentasi bertujuan untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan sejarah berdirinya SMP Negeri 1 Punggur, letak geografis, visi, misi dan tujuan, struktur kepengurusan, keadaan guru dan siswa, serta keadaan sarana dan prasarana.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh pelaksanaan pembelajaran PAI di masa Covid-19 terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Punggur. Hal ini terbukti dari hasil analisis data menggunakan rumus korelasi pearson product moment diperoleh harga memperoleh hasil rxy = 0,3148. Pengujian hipotesis dengan menafsirkan besarnya koefisien korelasi yaitu harga thitung lebih besar dari ttabel. Dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,7011. Jika dibandingkan 1,7544 > 1,7011 atau (thitung > ttabel), maka hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan arah hubungan positif dan tingkat pengaruh rendah.
Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, pembelajaran PAI di masa Covid-19 mempunyai kontribusi atau pengaruh sebesar 9,91% terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu, 90,01% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor dalam diri maupun luar diri. Faktor yang berasal dari dalam diri (internal) vi yaitu: adanya kebutuhan, persepsi individu mengenai diri sendiri, harga diri dan prestasi, adanya cita-cita dan harapan, keinginan tentang kemajuan dirinya, minat, kepuasan kinerja, sedangkan faktor yang berasal dari luar individu (eksternal) yaitu: pemberian hadiah, kompetisi, hukuman, pujian, situasi lingkungan pada umumnya, dan sistem imbalan yang diterima yang dapat mempengaruhi motivasi belajar mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:36
Last Modified: 03 Jan 2022 07:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5291

Actions (login required)

View Item View Item