Noviana, Naria Maya (2021) Hubungan Pendidikan Agama Islam dengan Pembentukan Akhlak Siswa Kelas V di SD Negeri 8 Metro Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
NARIA MAYA NOVIANA 1701050071 - naria maya noviana.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Diera globalisasi saat ini, anak didik banyak yang terpengaruh dengan budaya orang luar yang tentunya tidak sesuai dengan norma-norma agama. Tentu saja ini menjadi masalah yang cukup besar apabila penerus bangsa mengalami krisis moral dan akhlak. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi pendidik untuk membina, membimbing anak didik untuk membentuk akhlak yang mulia anak didik di sekolah. Pendidikan Agama Islam yakni upaya sadar dan terencana untuk menyiapkan peserta didi k untuk mengenal, memahami, menghayati, mengimani, bertakwa, berakhlak mulia, mengamalkan ajaran agama islam dari sumber utamanya kita b suci Al-Quran dan Al-Hadits, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran latihan, serta penggunaan pengalaman.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan Pendidikan Agama Islam dengan pembentukan akhlak siswa yang berlangsung di SD Negeri 8 Metro Selatan. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa. Teknik analisis menggunakan product momet dan dianalisis secara statistik menngunkan uji asumsi klasik uji normalitas, uji linearitas, dan dianalisis menggunkan uji t dengan SPSS versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hubungan Pendidikan Agama islam dengan pembentukan akhlak siswa di sekolah, terdapat hubungan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan SPSS versi 23, uji korelasi pearson antara Pendidikan Agama Islam dengan pembentukan akhlak siswa rhitung > rtabel , yaitu 0,711 lebih besar dari 0,05 jika dilihat dari interprestasi pedoman koefisiensi korelasi maka termasuk kedalam kategori koefisiensi korelasi yang memiliki hubungan kuat. Berdasarkan uji t diketahui nilai rhitung sebesar 4,412 > rtabel sebesar 2,093 artinya rhitung lebih besar dari rtabel .Nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dari pengujian hipotesis yang diajukan Ha diterima dan H0 ditolak, artinya bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Pendidikan Agama Islam dengan pembentukan akhlak siswa kelas V di SD Negeri 8 Metro Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 07:36 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 07:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5292 |
Actions (login required)
View Item |