Indriani, Lisa (2021) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi FPB dan KPK Siswa Kelas IV di MIN 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Text
lisa SKRIPSI LENGKAP - Lisa Indriani.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran matematika, namun masih banyak siswa yang tidak memahami konsep matematika dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika materi FPB dan KPK siswa kelas IV A di MIN 1 Metro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah sembilan siswa kelas IV A MIN 1 Metro yang terbagi kedalam tiga kelompok, yaitu kelompok kemampuan tinggi, sedang dan rendah dan tiap kelompok terdiri dari tiga siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa secara keseluruhan memiliki rata-rata 65 dengan tiga kategori kemampuan pemahaman konsep matematika yaitu kategori rendah, sedang dan tinggi, yang mana untuk kategori tinggi didapatkan 24%, kategori sedang didapatkan 33% dan kategori rendah didapatkan 43%. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa tergolong kategori rendah.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 03:19 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 03:19 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5300 |
Actions (login required)
View Item |