Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Di SD Muhammadiyah Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

Suseno, Bayu Zikri (2021) Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Di SD Muhammadiyah Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI BAYU ZIKRI SUSENO -1501050099 - PGMI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Belajar merupakan sebuah proses untuk mengahsilkan perubahan dalam aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Masing-masing dari siswa sekolah dasar memiliki kemampuan dalam menerima materi pelajaran yang tidak sama sehingga dalam kegiatan belajar tidak luput dengan kesulitan belajar itu sendiri. Penelitian yang diungkapkan memiliki tujuan yaitu mengetahui setiap kesulitan yang dialami siswa dalam belajar, sebab-sebab siswa mengalami kesulitan, dan bagaimana upaya yang ditempuh guru mengatasi kesulitan di SD Muhammadiyah Metro Tahun Pelajaran 2020/2021.

Penelitian dalam hal ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian terpilih adalah deskriptif. Lokasi penelitian di SD muhammadiyah Metro dengan tahun pelajaran 2021/2022, pengumpuan data-data menggunakan interview atau wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang sudah diperoleh maka dianalisis menggunakan analisis data deskriptif induktif. Untuk memperoleh data yang valid dalam penelitian ini menggunakan uji keabsahan data melalui metode triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SD Muhammadiyah Metro bahwa Kesulitan belajar yang ditemui oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika adalah kesulitan untuk mengoperasikan bilangan pecahan, kesulitan untuk mengurutkan pecahan, dan kesulitan dalam memahami konsep pecahan. Adapun kesulitan ini ditandai dengan hasil belajar peserta didik yang nilainya di bawah KKM, dan motivasi serta minat belajar yang rendah. Faktor penyebab dari kesulitan belajar ditemukan adalah kemampuan peserta didik dalam menghitung yang masih minim, kurangnya konsentrasi peserta didik, tidak adanya pendamping atau lingkungan belajar. Solusi dalam mengatasi kesulitan belajar adalah mendampingi peserta didik yang hasil belajarnya masih rendah dengan mengadakan kunjungan, melakukan pembelajaran lebih menarik, memeberikan motivasi dan dorongan pada peserta didik.

Kata Kunci: pembelajaran, kesulitan belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:57
Last Modified: 12 Apr 2022 03:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5313

Actions (login required)

View Item View Item