Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penambahan Harga Di Luar Paket Prawedding Terhadap Citra Studio Photo Dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Study Kasus Studio Photo Famous 16c Mulyojati Metro Barat)

Habibi, Andi Yusuf (2021) Penambahan Harga Di Luar Paket Prawedding Terhadap Citra Studio Photo Dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Study Kasus Studio Photo Famous 16c Mulyojati Metro Barat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ANDI YUSUF HABIBI -1602040175 - ESy.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Harga adalah dana yang dibebankan kepada pelanggan terhadap suatu produk atau jasa, atau jumlah nilai yang ditukar oleh pelanggan atas manfaat yang di berikan oleh suatu produk atau jasa. Seperti halnya yang dilakukan oleh pihak studio photo Famous Studio Metro guna menekan pengeluaran dan memaksimalkan keuntungan, Famous Studio memberlakukan penambahan harga di luar harga pada paket Prawedding Outdoor sebagai biaya transportasi dan uang makan agar biaya transportasi tidak mengurangi keuntungan yang sudah di tentukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak penambahan harga di luar paket Prawedding Outdoor yang di lakukan pleh pihak Famous Studio Metro Menurut Perpektif Ekonomi Islam.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), adapun sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Tujuannya agar dapat mendeskripsikan Dampak Penambahan Harga Di Luar Paket Prawedding Terhadap Studio Photo Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara dan dokumentasi, wawancara dilakukan kepada penanggung jawab Famous Studio Metro dan karyawan Famous Studio Metro serta dokumentasi digunakan sebagai pelengkap guna memperoleh data sebagai bahan informasi yang berupa data-data terkait studio photo Famous Studio Metro.

Dari hasil penelitian dampak penambahan harga di luar paket yang dilakukan oleh oknum karyawan Famous Studio Metro yaitu dengan adanya penambahan harga yang dilakukan oleh oknum karyawan Famous Studio tersebut akan dapat mengakibatkan komplain kepada owner dan berkurangnya rasa kepercayaan konsumen kepada Famous Studio Metro, kurangnya ketertarikan konsumen untuk bertransaksi, penambahan harga yang dilakukan oleh Famous Studio Metro tidak berdampak bagi jumlah konsumen, akan tetapi harga yang mahal pada pemotretan prawedding outdoor mengakibatkan sedikitnya peminat pemotretan prawedding outdoor dibandingkan dengan produk prawedding lainnya dibuktikan bahwa paket prawedding outdoor paling sedikit dibandingkan paket lainnya. Dalam melakukan kegiatan usahanya famous studio telah sesuai dengan ekonomi Islam, namun apa yang dilakukan oleh oknum karyawan Famous Studio merupakan hal yang bertentangan dengan prinsip ekonomi Islam dan dapat merusak akad dan kontrak jual beli.

Kata kunci: praweedding, penambahan harga, etika bisnis islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:23
Last Modified: 18 Apr 2022 01:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5320

Actions (login required)

View Item View Item