Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan SMP PGRI 2 Sekampung

Lestari, Ema (2021) Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan SMP PGRI 2 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] Text
SKRIPSI EMA LESTARI NPM. 1701060014 - Ema Lestari.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas Vlll SMP PGRI 2 Sekampung. Desain penelitian ini adalah “Post-test-Only Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Sekampung. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini, variabel bebasnya yaitu penggunaan media animasi sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia. Data hasil penelitian diperoleh dengan pemberian tes hasil belajar sebanyak 5 soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan pengujian hipotesis. Deskripsi hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan media animasi adalah 75,4 dan kelas kontrol adalah 69,2. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikan, α = 0,05 dengan yaitu t hitung ≥ t tabel 3.7781 ≥ 2.010. menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia SMP PGRI 2 sekampung.

Kata kunci : Media animasi, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:25
Last Modified: 05 Jan 2022 04:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5324

Actions (login required)

View Item View Item