Alawiyah, Rini (2021) Strategi Menjaring Nasabah Tabungan Idul Fitri pada PT Bank Aman Syariah Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Text
17041002040- RINI ALAWIYAH.. - Rini Alawiyah.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
BPRS Aman Syariah Sekampung mempunyai banyak produk yang ditawarkan salah satunya produk tabungan idul fitri. Hari raya idul fitri merupakan hari besar bagi umat islam yang mana setiap tahunnya masyarakat membutuhkan dana tambahan guna menjelang hari raya, dimana kebutuhan pada hari raya juga ikut meningkat. Jadi para nasabah terdorong untuk menabung produk idul fitri dikarenakan untuk menunjang kebutuhan ketika hari raya dan juga beberapa hal diantaranya pelayanan yang ramah, mudah dan cepat sehingga banyak yang tertarik untuk menggunakan produk ini.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Menjaring Nasabah Tabungan Idul Fitri Pada Pt Bank Aman Syariah Sekampung. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah yaitu penelitian lapangan atau filed research, dimana penelitian lapangan adalah suatu penelitian yang dilakukan dilokasi penelitian dengan bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini peneliti mewawancarai direktur BPRS Aman Syariah Sekampung, marketing dan nasabah yang peneliti temui. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi menjemput bola dan promosi secara face to face merupakan strategi yang condong di gunakan oleh BPRS Aman Syariah Sekampung dalam menjaring nasabah tabungan idul fitri. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa strategi pemasaran produk tabungan Idul Fitri yang dilakukan BPRS Aman Syariah Sekampung. yaitu menggunakan 5P yaitu product, price, place, promotion dan people. Strategi promosi dan lokasi BPRS Aman Syariah Sekampung yang strategis membuat nasabah atau calon nasabah baru menjadi mudah. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk tabungan idul fitri di BPRS Aman Syariah Sekampung berkembang sangat pesat yaitu dilihat dari kenaikan jumlah nasabah pada tahun 2019 jumlah nasabah tabungan idul fitri mencapai 349 nasabah, selanjutnya ditahun 2020 kenaikan jumlah nasabah tabungan idul fitri sebanyak 443 nasabah dan total nasabah tabungan idul fitri tahun 2020 berjumlah 792 kenaikan nasabah ini dipengaruhi oleh strategi pemasaran yang di lakukan dan juga kualitas layanan yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 03:39 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 03:39 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5329 |
Actions (login required)
View Item |