Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Penghimpunan Dana Produk Tabungan Pendidikan (Studi Pada PT. BPRS Metro Madani Kantor Pusat)

Dewi, Ricka Citra (2021) Strategi Penghimpunan Dana Produk Tabungan Pendidikan (Studi Pada PT. BPRS Metro Madani Kantor Pusat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RICKA CITRA DEWI -1702100074 - S1 PBS.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Sebagai lembaga keuangan, dana merupakan persoalan utama sehingga bank memerlukan strategi yang tepat, yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat untuk menjadi nasabah tabungan pendidikan sehingga bisa memenuhi target jumlah nasabah dan mampu bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Maka dari itu perlu melakukan strategi pemasaran yang baik agar dapat diterima oleh masyarakat luas. Namun dalam penelitian di PT. BPRS Metro Madani Kantor Pusat untuk pencapaian jumlah nasabah baru terpenuhi sekitar 50-60% sehingga belum tercapainya target jumlah nasabah yang telah ditetapkan, sehingga dalam penelitian ini menggunakan strategi penghimpunan dana produk tabungan pendidikan dengan menggunakan komponen bauran pemasaran terdiri dari 7P yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evindence).

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi penghimpunan dana produk tabungan pendidikan pada PT. BPRS Metro Madani Kantor Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana strategi penghimpunan dana produk tabungan pendidikan pada PT. BPRS Metro Madani Kantor Pusat. Manfaat secara teoritis dalam penelitian ini adalah menambah ilmu pengetahuan Ekonomi Islam dan Perbankan sehingga dapat memberikan kontribusi bagi para akademisi maupun praktisi Lembaga Keuangan Syariah terutama berkaitan dengan strategi pemasaran produk perbankan khususnya produk tabungan pendidikan. Manfaat secara praktis dalam penelitian ini adalah diharapkan dapat menjadi acuan dan masukan bagi masyarakat dan praktisi mengenai strategi penghimpunan dana produk tabungan Pendidikan dan pemasaran dalam memasarkan produk-produknya khususnya produk tabungan pendidikan.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah field research. Sifat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, serta menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu wawancaradan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan cara berfikir induktif.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa strategi penghimpunan dana produk Tabungan Pendidikan yang dilakukan PT. BPRS Metro Madani Kantor Pusat menggunakan 7 komponen dari bauran pemasaran yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion), Orang (People), proses (Process), dan Bukti Fisik (Physical evidence) sudah cukup baik. Akan tetapi penerapannya belum maksimal terutama pada komponen promosi (Promotion) dan Bukti Fisik (Physical evidence).

Kata kunci: Strategi penghimpunan dana produk tabungan pendidikan dengan menggunakan komponen bauran pemasaran terdiri dari 7P yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evindence).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:24
Last Modified: 18 Apr 2022 01:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5330

Actions (login required)

View Item View Item