Wulandari, Marisa (2021) Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Ogan Lima Kec. Abung Barat Kab. Lampung Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MARISA WULANDARI - 1601050066 - PGMI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Belajar dikatakan berhasil apabila mengalami perubahan secara positif. Proses belajar ini kemudian ditarik menjadi garis lurus, maka bisa dikatakan bisa dikatakan belajar yang baik dan menyenangkan akan menghasilkan hasil yang baik pula. Dengan kata lain hasil belajar siswa akan meningkat atau menjadi lebih baik dari sebelumnya. Keberhasilan siswa dalam meraih hasil belajarnya tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah keterampilan mengajar guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Ogan Lima KEC. Abung Barat Lampung Utara Tahun Ajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif expost facto. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa kelas IV di SD Negeri 02 Ogan Lima Kec. Abung Barat Lampung Utara. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 02 Ogan Lima Kec. Abung Barat Lampung Utara berjumlah 24 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat terdapat hubungan yang cukup antara Keterampilan Mengajar Guru dengan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Negeri 02 Ogan Lima Kecamatan Abung Barat Kabupaten Lampung Utara tahun pelajaran 2020/2021 nilai korelasi sebesar 0.550, nilai rhitung = 0.550 > rtabel = 0.423 dan nilai korelasi 0.550 terletak pada 0.400 sampai dengan 0.600 memiliki tingkat korelasi yang agak rendah. Besarnya koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,303. Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,303 atau sama dengan 30,3%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel Keterampilan Mengajar Guru (X) berpengaruh terhadap variabel hasil belajar (Y) sebesar 30,3%. Sedangkan sisanya (100% - 30,3% = 69,7%) dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Keterampilan Mengajar Guru mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Negeri 02 Ogan Lima Kecamatan Abung Barat Kabupaten Lampung Utara tahun pelajaran 2020/2021
Kata Kunci: Keterampilan Mengajar, Guru, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 04:30 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 04:30 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5331 |
Actions (login required)
View Item |