Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Gitar Klasik (Studi Kasus Di Pujodadi 28 Metro Utara)

Triani, Lisa (2021) Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Gitar Klasik (Studi Kasus Di Pujodadi 28 Metro Utara). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LISA TRIANI -1702040048 - ESy.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Seni kriya adalah suatu cabang seni rupa yang menghasilkan produksi kerajinan tangan lewat estetika seni serta tiap daerah diseluruh Indonesia punya keanekaragaman seni kriya sehingga dapat menciptakan seorang yang kreatif serta punya keingintahuan untuk mencoba dan suka memainkan intuisi yang dilatarbelakangi oleh suatu ide bahwa seluruh pengusaha seni kriya itu bersifat publik atau pun lembaga-lembaga sosial ke masyarakatan yang mempunyai target perseorangan yang memberikan dorongan untuk pembangunannya. Oleh karena itu, pemilik pengrajin produk gitar klasik yang bertempat di Desa Pujodadi ini sudah berusaha dalam memasarkan produk-produknya akan tetapi selama ini belum efektif dalam bidang memasarkan produknya. Ditambah lagi musibah yang muncul awal tahun 2020 yaitu wabah covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia yang menimbulkan dampak pada berbagai sektor, terutama sektor bisnis baik yang berskala kecil, menengah maupun berskala besar. Salah satu UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 adalah pengrajin gitar klasik Desa Pujodadi, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah ini mengalami penurunan penjualan hingga 50 persen, karena penurunan pembelian barang oleh konsumen dan proses distribusi yang terkendala. Jika UMKM tidak mampu memperbaiki strategi pemasaran dan tidak menyesuaikan keadaan maka akan terjadi penurunan penjualan produk bahkan terancam pailit.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Produk Kerajinan Gitar Klasik Di Pujodadi 28 Metro Utara. Peneliti mengambil penelitian berjenis field research (Penelitian ke lokasi langsung). sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menetapkan metode wawancara serta dokumentasi. Dan data hasil temuan diilustrasikan menurut narasi dan di uraikan menggunakan cara berpikir induktif secara kritis.

Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa strategi yang digunakan Pengrajin Gitar Klasik di Pujodadi dalam meningkatkan penjualan yaitu melakukan kegiatan pemasarannya secara sehat dengan melakukan perbaikan produk, promosi, tempat, harga, proses, SDM, dan bukti fisik. Pengrajin Produk Gitar Klasik juga menerapkan karakteristik pemasaran syariah yaitu Rabbaniyah, Akhlaqiah, Al insaniyah, serta nilai pemasaran syariah yaitu amanah, fathonah, siddiq, humanistis.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Gitar, Pemasaran Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Apr 2022 04:30
Last Modified: 19 Apr 2022 04:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5335

Actions (login required)

View Item View Item