Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Kemampuan Matematis Siswa SDN 2 Badransari

Puspitasari, Wulan (2021) Hubungan Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Kemampuan Matematis Siswa SDN 2 Badransari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI WULAN PUSPITASARI - 1701050046 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran Make A Match yakni pembelajaran yang mana “siswa mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dalam suasana yang menyenangkan. Adapun sasaran pembelajaran ini bisa diterapkan untuk semua mata pelajaran dan tingkatan kelas. Kemampuan matematika siswa dalam memecahkan masalah adalah kesanggupan atau kecakapan seorang siswa dalam menguasai suatu keahlian dan digunakan untuk mengerjakan atau memecahkan berbagai macam permasalahan dalam permasalahan matematika. Kemampuan matematika siswa adalah kecakapan kognitif siswa dalam menyelesaikan soal yang dilihat dari penyelesaian/jawaban yang diberikan siswa

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui hubungan penerapan model pembelajaran make a match dengan kemampuan matematis siswa SDN 2 Badransari. 2) Untuk mengetahui tingkat hubungan penerapan model pembelajaran make a match dengan kemampuan matematis siswa SDN 2 Badransari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini perlu sekali ada penentuan populasi tersebut, guna memberikan batasan yang jelas tentang objek yang akan diteliti. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas III SDN 2 Badransari Kecamatan Punggur Lampung Tengah yang berjumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil semua populasi untuk dijadikan sampel karena keseluruhan siswa kelas III kurang dari 100. Penelitian ini bisa juga disebut penelitian populasi. Penelitian ini menggunakan cluster random sampling.

Berdasarkan data yang peneliti dapatkan, maka peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa 1) terdapat hubungan antara penerapan model pembelajaran make a match dengan kemampuan matematis siswa SDN 2 Badransari, pada taraf signifikasi 5% maka rhitung > rtabel yaitu 0,6 > 0,306 dan 0,6>0,361. Dilihat dari uji koefisien korelasi rxy menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel memiliki hubungan yang positif dan cukup. Artinya antara kedua variabel terdapat korelasi positif (korelasi searah). 2) Penerapan model pembelajaran make a match mempunyai hubungan dengan kemampuan matematis siswa SDN 2 Badransari dengan kategori cukup. Dengan harga rxy sebesar 0,6 yang berada pada kisaran angka 0,600 sampai dengan 0,800 memiliki tingkat korelasi yang cukup.

Kata Kunci: kemampuan matematis, model pembelajaran make a match

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:54
Last Modified: 27 Apr 2022 02:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5337

Actions (login required)

View Item View Item