Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Produk dalam Meningkatkan Market Share pada BPRS Metro Madani

Yuniarti, Eka (2018) Strategi Pemasaran Produk dalam Meningkatkan Market Share pada BPRS Metro Madani. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
EKA YUNIARTI (NPM. 141261410).pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Adanya persaingan yang ketat menuntut suatu bank untuk berlomba-lomba dalam menguasai pasar bahkan ingin berada pada posisi paling berpengaruh di pasar persaingan. Suatu bank perlu melakukan kajian dalam aspek pasar dan pemasaran karena bertujuan untuk menguji serta menilai sejauh mana pemasaran dari produk yang dihasilkan dapat mendukung pengembangan usaha atau bisnis yang direncanakan. Kajian dari aspek pasar dan pemasaran dapat digunakan dalam menentukan market share.

Aspek pasar berkaitan dengan ada tidaknya potensi pasar dan peluang pasar atas suatu produk yang akan diluncurkan dimasa yang akan datang serta berapa market share yang dapat diserap oleh bisnis tersebut dari seluruh potensi pasar. Sedangkan aspek pemasaran berkaitan dengan bagaimana penerapan strategi pemasaran dalam rangka meraih sebagian pasar potensial atau peluang pasar yang ada. Dengan kata lain seberapa besar market share (pangsa pasar) yang ditentukan dapat diraih sangat bergantung pada penerapan strategi pemasaran yang dipilih.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif ,karena data yang didapat berupa uraian atau keterangan-keterangan yang didapat dari kegiatan wawancara. sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik wawancara dan dakumentasi yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran produk dalam meningkatkan market share pada BPRS Metro Madani. Dengan cara berfikir induktif berangkat dari data-data khusus dan fakta empiris dilapangan disusun, dioalh, dikaji kemudian ditarik maknanya dalam bentuk pernyataan atau kesimpulan yang bersifat umum. Data tersebut diperoleh dari, Customer service dan marketing pembiayaan BPRS Metro Madani.

Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa strategi pemasaran produk yang diterapkan BPRS Metro Madani dalam meningkatkan market share yaitu diimplementasikan menggunakan analisa marketing mix/bauran pemasaran yang terdiri dari 7P product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat), people (orang), physical evidence (lingkungan fisik), procces (proses).Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh tentang strategi pemasaran produk dalam meningkatkan market share pada BPRS Metro Madani sudah baik hanya saja kurang optimal pada bagian promosi menggunakan website seharusnya ditingkatkan lagi supaya mempermudah mengakses data BPRS Metro Madani. Hal ini ditunjukkan dengan naik turunnya jumlah nasabah yang menggunakan produk BPRS Metro Madani , baik berupa produk tabungan, deposito dan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:57
Last Modified: 08 Jan 2020 02:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item View Item