Astutik, Tutut (2021) Pendidikan Karakter Bagi Anak Tunagrahita Di SDLB Catur Bina Bangsa Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI TUTUT ASTUTIK - 1701050042 - PGMI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu sitem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang mengikuti komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut baik dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, limgkungan sekitar, maupun bangsa dan negara. Latar belakang masalah peneitian ini adalah bahwa pendidikan karakter merupakan kunci yang sangat penting dalam membentuk kepribadian peserta didik. Melihat kondisi anak tunagrahita yang memiliki keterbatasan intelejensi, keterbatasan sosial, dan keterbatasan fungsi-fungsi mental lainnya, maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter kepada peserta didik tunagrahita kelas IV SDLB Catur Bia Bangsa Kota Metro dan nilai-nilai karakter apa saja yang ditanamkan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer wawancara kepada wali kelas IV dan sumber data sekunder wawancara dari kepada sekolah dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini dilaksanan di SDLB Catur Bina bangsa Kota Metro.Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pendidikan karakter pada peserta didik kelas IV dilakukan dengan mengembangkan nilai karakter dalam perangkat pembelajaran silabus, RPP, dan kegiatan yang berkaitan. Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah. Adapun nilai-nilai karakter yang sering ditanamkan adalah kedisiplinan, kejujuran, kesopanan, toleransi, keagamaan/religous, dan kemandirian. Dalam melakukan evaluasi guru menggunakan pengamatan melalui lembar penilaian sikap. Salah satu faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter adalah adanya kerja sama orang tua dengan guru kelas yang baik dan pengetahuan serta pemahaman masyarakat yang baik tentang kondisi peserta didik berkebutuhan khusus, maka akan sangat membantu dalam penerapan pendidikan kepada peserta didik berkebutuhan khusus. Saran dari hasil peneitian adalah diharapkan adanya kerjasama yang baik antara guru dan orang tua dalam menerapkan pendidikan karakter peserta didik.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Peserta Didik Tunagrahita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 02:55 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 02:55 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5344 |
Actions (login required)
View Item |