Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X SMA

Aminudin, Ahmad (2021) Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X SMA. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AHMAD AMINUDIN - 1701060004 - T.Biologi.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) merupakan sumber belajar cetak yang berupa lembar kertas yang berisi materi, ringkasan dan petunjuk pelaksanaan dalam pembelajaran yang harus dikerjakan siswa yang mengacu kepada KD (Kompetensi Dasar) yang harus dicapai. Salah satu pembelajaran yang tepat dan menarik dapat memberikan kondisi belajar aktif dan kreatif kepada Siswa adalah PBL (Problem Based Learning). MA Ma‟arif 9 Kotagajah dalam proses pembelajaran Biologi, guru menjelaskan materi dengan metode ceramah dan mencatat materi dengan membaca buku paket yang dibagikan serta pada akhir pembelajaran guru memberikan tugas. Siswa terlihat kurang semangat karena merasa jenuh dengan sistem pembelajaran tersebut. Perlu adanya pengembangan berupa sumber belajar LKPD berbasis PBL (Problem Based Learning).

Tujuan penelitian yang dilakukan adalah mengembangkan LKPD berbasis PBL (Problem Based Lerning), menganalisis kelayakan, menganalisis respon siswa dan menganalisis respon guru Biologi terhadap pengembangan LKPD berbasis PBL (Problem Based Learning) pada materi pencemaran lingkungan sebagai sumber belajar siswa kelas X MA Ma‟arif 9 Kotagajah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Four D). Model 4-D merupakan model pengembangan perangkat pembelajaran terdiri dari 4 tahap utama yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran).

Produk hasil pengembangan LKPD berbasis PBL (Problem Based Learning) dibuat dalam bentuk cetak yang telah disesuaikan dengan kriteria LKPD dan Kurikulum yang digunakan di sekolah. Kelayakan LKPD berbasis PBL (Problem Based Lerning) diperoleh berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media dengan skor nilai masing-masing ahli materi 84% dengan kualifikasi sangat layak dan ahli media 92% dengan kualifikasi sangat layak. Respon siswa diperoleh hasil 91,2% dengan kualifikasi sangat layak. Respon guru Biologi 96% dengan kategori sangat layak. Hasil rata-rata perolehan nilai produk pengembangan LKPD berbasis PBL (Problem Based Learning) pada materi pencemaran lingkungan sebagai sumber belajar siswa kelas X MA Ma‟arif 9 Kotagajah diperoleh persentase 90,8% yang berarti memiliki kualifikasi sangat layak sehingga produk hasil pengembangan dapat digunakan pada pembelajaran Biologi di sekolah.

Kata Kunci: LKPD, PBL (Problem Based Learning), Pencemaran Lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:57
Last Modified: 27 Apr 2022 02:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5359

Actions (login required)

View Item View Item