Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Gaya Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sekampung

Yusmita, Gutus (2021) Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Gaya Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Gutus Yusmita Skripsi - Gy_ mitha.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Setelah penulis melakukan observasi dan wawancara, ternyata siswa di kelas X memiliki gaya belajar yang berbeda, seperti gaya belajar visual, auditorium dan kinestetik, diantaranya ada beberapa guru yang kurang memperhatikan siswanya, hanya memasuki kelas lalu menjelaskan dan memberi tugas pada siswa. Jadi berdasarkan kondisi yang ditemukan di lapangan, peneliti bermaksud melakukan penelitian seorang guru mendesain sebuah strategi pembelajaran dengan menghadapi beraneka ragam gaya belajar yang dimiliki siswa dan menghasilkan suatu pendidikan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini, berdasarkan dengan rumusan masalah, maka tujuannya adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan gaya belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sekampung dan untuk mengetahui yang dilakukan guru PAI untuk penerapan strategi dalam meningkatkan gaya belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sekampung. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data skunder. Sedangkan metode pengumpulan data atau instrument penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan gaya belajar siswa kelas X yaitu guru PAI menggunakan metode ceramah dengan dukungan bentuk visual seperti gambar atau video, dan juga simulasi terjun langsung kelapangan, kadang guru PAI juga membuat kelompok belajar agar siswa bisa saling tukar pendapat dan berbaur, saling bekerjasama. Untuk penerapan strategi dalam meningkatkan gaya belajar siswa, guru PAI tidak menggunakan metode khusus apa pun, beliau menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan dengan situasi dan kondisi pada hari itu (menyesuaikan).

Kata Kunci: Meningkatkan Gaya Belajar, Strategi Guru, Menerapkan Strategi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:16
Last Modified: 12 Jan 2022 02:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5369

Actions (login required)

View Item View Item