Husna, Windi Lailatul (2021) Strategi Promosi Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan ( Studi Kasus Butik Klik Shop Metro 15 A Iring Mulyo ). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
WINDI LAILATUL HUSNA-2 - Windi Lailatul Husna.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Persaingan bisnis yang kompetitif menyebabkan perusahaan dituntut untuk lebih aktif dan kreatif lagi dalam memasarkan produk dengan menggunakan strategi marketing yang tepat sesuai dengan era masa kini agar pesan promosi tersampaikan kepada konsumen dengan cepat dan tepat sasaran. Kegiatan promosi perusahaan dapat memanfaatkan jaringan internet salah satunya ialah media sosial instagram yang diketahui sebagai media paling banyak digunakan di Indonesia menempati posisi ke-3 setelah youtub, facebook dan whatsab. Tujuan pemanfaatan instagram sebagai media promosi adalah untuk meminimkan penggunaan biaya, waktu dan tenaga yang di habiskan oleh pelaku usaha serta berusaha menyampaikan informasi mengenalkan produknya untuk masyarakat luas, selain itu penjual mendapat peluang membujuk banyak konsumen untuk menyukai produk, mempengaruhi keputusan belanja konsumen dan dapat meningkatkan atau mengendalikan volume penjualan apabila strategi promosi ini dapat dilakukan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana strategi promosi melalui sosial media instagram dalam meningkatkan penjualan Butik Klik Shop Metro 15 A Iring Mulyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif- kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode Snowball sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 9 responden dan setelah data-data terkumpul maka peneliti menganalisis data dengan menggunakan metode berfikir induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi promosi melalui instagram untuk meningkatkan penjualan dan penyebaran pemasaran dalam menjangkau masyarakat luas cukup efektif, promosi penjualan dengan menggunakan discount (potongan harga), kupon atau vocher serta kegiatan pomosi lainya seperti give away (premi atau hadiah) untuk semua produk Klik Shop, dengan konsep tersebut mampu meningkatkan volume penjualan Butik Klik Shop setiap tahunnya.
Kata kunci: Strategi Promosi, Media Sosial, Instagram dan Peningkatan Penjualan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 02:07 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 02:07 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5371 |
Actions (login required)
View Item |